Mengapa Kita Mudah Merasa Bosan?

 

ilustrasi bosan



Apakah yang di maksud dengan rasa bosan?

Semua orang pasti pernah mengalami rasa bosan dan itu manusiawi,normal. Kata bosan itu bersinonim dengan kata jemu yaitu perasaan sedang tidak ingin atau tidak mau melakukan sesuatu atau tidak tertarik pada sesuatu karena sudah terlalu sering.

 

Rasa bosan atau jemu bisa datang kapan pun,terutama saat kita terlalu sering berada dalam situasi dan kondisi yang sama setiap hari.  

Hal ini adalah hal yang wajar asal tidak berlebihan,tetapi jika rasa bosan yang kita rasakan itu berlebihan,atau dalam bahasa jawa sering disebut bosenan,tentu dampaknya akan sangat tidak bagus terutama untuk kesehatan mental dan kualitas hidup kita.


Lalu,mengapa kita mudah sekali merasa bosan?

Seperti yang sudah aku sampaikan di atas,rasa bosan bisa muncul dalam diri seseorang karena ada  situasi dan kondisi tertentu yang sering terjadi,sering ditemui,sering dilihat,sering di dengar dan keseringan-keseringan yang lain,yang akhirnya membuat suasana hati dan pikiran kita menjadi buruk. Seperti tidak tertarik atau tidak punya mood untuk melakukannya lagi,mendengarnya lagi,atau menanggapinya lagi

Misalnya....,karena sering makan tempe membuat kita jadi bosan makan tempe,karena sering gagal membuat kita mudah bosan dan malas untuk mencoba,karena seumur hidup kita sering mengalami kesusahan,kemiskinan,dan kesulitan hidup,maka ada kemungkinan bisa membuat kita merasa bosan hidup wkwkwkkkkaa...amit-amit...jangan sampai lah ya...😊😆

Intinya rasa bosan itu bisa muncul karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya,diantaranya adalah:

1.Hasil/kenyataan yang di terima tidak sesuai dengan keinginan/ekspekstasi

Ketika kamu melakukan atau menekuni sebuah bisnis atau pekerjaan,tentu kamu punya ekspektasi atau harapan dan keinginan yang ingin kamu capai kan?

Nah,untuk mencapai hasil atau tujuan tersebut,tentu kamu pun akan mulai melakukan berbagai usaha dan upaya.

Misalnya kamu ingin menghasilkan pasif income dari rumah,lalu kamu ingin mulai menekuni berbagai bisnis,misalnya bisnis afiliasi atau membuka jasa les private yang merupakan salah satu cara untuk menghasilkan pasif income dari rumah. Agar usaha atau bisnis yang kamu tekuni tadi bisa sukses menghasilkan pasif income dari rumah,akhirnya kamu pun mulai melakukan berbagai cara untuk menjual dan mempromosikan bisnis tersebut.

Intinya kamu akan berusaha semaksimal mungkin agar bisnis yang kamu tekuni tadi segera memberikan hasil sesuai dengan harapanmu selama ini.

Tapi...setelah merasa sudah berusaha keras dan menunggu sekian lama,ternyata hasil yang kamu terima tidak sesuai dengan harapan dan keinginanmu selama ini. Apa yang kamu rasakan menghadapi kenyataan seperti ini? Tentu kamu akan merasa lelah,kecewa dan akhirnya merasa bosan bukan?

Bosan untuk melanjutkan usaha atau bisnis tersebut,bahkan tidak menutup kemungkinan kamu juga bosan untuk mencobanya lagi.

Jadi...ketika kamu melakukan atau mengerjakan sesuatu,dan ternyata kamu merasa hasilnya tidak sesuai dengan ekspektasi mu,tidak sesuai dengan harapan mu,di situlah akan muncul rasa bosan atau tidak tertarik lagi untuk melakukannya.

2. Terjebak dalam situasi atau rutinitas yang monoton setiap harinya

Situasi dan kondisi yang monoton, dengan ritme dan suasana yang begitu-begitu saja,sangat mudah membuat kita merasa jenuh,jemu dan bosan

Misalnya ketika kamu sedang menjalani sebuah hubungan khusus dengan seseorang,katakanlah pacaran,saat hubungan mu itu hanya di warnai dengan kecemburuan,pertengkaran dan kesalah pahaman setiap harinya,tentu dengan situasi dan kondisi seperti itu,semakin lama kalian akan merasa semakin lelah dan bosan kan?Atau misalnya kalian adalah pasutri,setelah bertahun-tahun menikah hubungan suami istri yang yang kalian lakukan semakin monoton,begitu-begitu saja,tidak ada variasinya,tentu hal ini juga bisa menjadi pemicu munculnya rasa jenuh dan bosan dalam pernikahan kalian.

Begitu juga di lingkungan pekerjaan,ketika setiap hari kamu selalu dihadapkan pada situasi dan kondisi lingkungan atau tempat kerja yang biasa saja dengan fasilitas yang minim,teman kerja dan atasan yang toxic,kebijakan perusahaan yang tidak berpihak pada tenaga kerja (karyawan) juga bisa membuat kita mudah merasa bosan.

Bahkan,sebagai seorang Ibu rumah tangga pun ketika kamu hanya melakukan rutinitas dan aktifitas yang itu-itu saja,misalnya masak,cuci baju,bersih-bersih rumah,mengurus suami,mengurus anak,hanya berkutat dengn rutinitas yang sama setiap harinya,tidak ada kegitan lain selain mengurus rumah tangga,meskipun itu sudah menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai Ibu rumah tangga,tetapi...itu semua juga bisa membuat kamu merasa mudah bosan.

3.Melakukan atau menjalani sesuatu yang tidak kita sukai

Menjalani sesuatu yang tidak kita sukai adalah satu hal yang sangat bisa membuat kita mudah merasa bosan.

Misalnya ketika kita bekerja pada satu bidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan apa yang kita impikan atau kita inginkan selama ini,atau menjalin hubungan khusus dengan seseorang yang tidak kita sukai dan tidak kita cintai karena dijodohkan atau karena rasa kasihan,atau menempuh pendidikan,kuliah atau sekolah di perguruan tinggi atau sekolah yang tidak kita sukai.

Intinya kita melakukan itu semua karena terpaksa. Terpaksa demi untuk bertahan hidup,terpaksa karena untuk menyenangkan orang tua,terpaksa karena tidak ingin menyakiti hatinya dan alasan-alasan lain yang membuat kita merasa terpaksa.

Melakukan sesuatu dengan keterpaksaan tentu akan sangat melelahkan,membuat kita mudah jenuh,sehingga ini juga bisa menjadi pemicu munculnya perasaan mudah merasa bosan pada diri seseorang. 

4. Melakukan sesuatu yang bukan passion kita

Passion atau gairah adalah motivasi atau dorongan yang sangat kuat dalam diri seseorang untuk melakukan sesuatu dengan penuh semangat,tidak mengenal kata lelah atau bosan,bahkan tidak mengenal kata pamrih mengapa kita melakukan itu.

Melakukan sesuatu tanpa passion itu seperti makan sayur tanpa garam,hambar,hampa dan membosankan. 

Hampir sama dengan melakukan sesuatu yang tidak kita sukai atau tidak kita cintai. Bedanya...,ketika kita melakukan sesuatu karena suka atau cinta kita masih mempunyai alasan kenapa kita suka melakukannya,misalnya kamu suka menulis karena dengan menulis kamu mendapatkan uang,mendapat bayaran,mendapat pujian dan sebagainya,sehingga kamu bersemangat untuk melakukannya,tetapi sebaliknya,ketika kamu tidak mendapatkan imbalan misalnya gaji,upah atau bayaran,tidak yang membaca atau memuji tulisanmu, bisa saja membuat kamu jadi bosan dan malas untuk menulis lagi.

Karena,kita merasa tidak ada tantangan,tidak ada sesuatu yang bernilai dan tidak ada yang bisa membuat kita selalu bersemangat untuk melakukakannya.

5.Melakukan atau menjalani sesuatu tanpa support 

Melakukan atau menjalani sesuatu tanpa support atau dukungan,baik moril maupun materiil,rasanya seperti kita sedang menyusuri jalan sendirian,tidak ada teman bicara,tidak ada teman bertanya dan bercerita. 

Bayangkan saja,misalnya kalian mau pergi ke pasar,jaraknya kurang lebih 1,5 kilometer dari rumah,sebenarnya jarak ini termasuk relatif dekat dan bisa ditempuh dengan jalan kaki tanpa rasa lelah.Karena tidak ada angkot atau kendaraan pribadi,akhirnya kamu berangkat dengan jalan kaki,sendirian pula.

Bisa kebayang kan,bagaimana rasanya jalan kaki sendirian,tanpa teman di sepanjang perjalanan,nunggu angkot atau ojek pun gak kunjung datang.Perjalanan yang seharusnya bisa kita tempuh dalam waktu singkat,cepat dan menyenangkan,bisa menjadi terasa sangat lama dan melelahkan,bahkan di tengah perjalanan mungkin kita merasa bosan.

Begitu juga ketika kamu menjalani apa yang menjadi pilihan hidupmu,baik itu karir,pekerjaan,sekolah,hubungan dan pasangan,tanpa support atau dukungan baik secara moril maupun materiil dari orang-orang terdekat misalnya keluarga,orang tua atau saudara,bisa jadi itu semua akan membuat apa yang kamu jalani menjadi terasa berat,melelahkan dan bahkan bisa membuatmu menjadi mudah bosan.

Itulah tadi uraian singkat tentang beberapa faktor yang bisa menjadi pemicu munculnya rasa bosan.


Apa akibatnya jika kita sering merasa bosan? 

Lalu apa akibatnya jika kita sering merasa bosan?

Meskipun rasa bosan adalah hal yang wajar dan bisa di alami oleh semua orang,tetapi jika terlalu sering kita alami atau kalau orang jawa bilang gampang bosenan,tentu akan berdampak kurang bagus bagi kesehatan mental dan kualitas hidup kita.

Akibat dari rasa bosan yang terlalu sering atau bosenan itu tadi, bisa bermacam-macam,antara lain:

1.Pekerjaan jadi terbengkalai dan banyak urusan tidak segera terselesaikan

Karena sifat kita yang mudah bosan atau bosenan atau mudah sekali tidak tertarik untuk mengerjakan sesuatu,akhirnya kita juga sering menunda untuk menyelesaikan tugas,pekerjaan dan urusan kita.

Padahal sebelumnya kita sudah membuat rencana atau target kapan pekerjaan itu harus selesai. Namun, ketika rasa bosan itu tadi sering muncul,ya...sudah pasti dampaknya akan menyebabkan pekerjaan atau urusan yang mestinya sudah selesai,jadi tidak selesai sesuai target,alias terbengkalai.

Kalau sudah begini,bukan hanya kita sendiri yang merasakan akibatnya,tetapi..malah bisa merembet kemana-mana. Tidak hanya ke diri kita sendiri,tetapi juga bisa berdampak kepada orang lain atau keluarga dan orang-orang di sekeliling kita.

2. Gagal mencapai tujuan atau sesuatu yang diinginkan

Ketika melakukan sesuatu,tentu kita punya tujuan untuk apa kita melakukan itu. Nah...untuk mencapai tujuan yang di maksud tentu kamu akan berusaha menyusun rencana sedemikian rupa,lalu mulai mengerjakan rencana-rencana tersebut sesuai jadwal yang telah kamu susun tadi.

Namun...ditengah perjalanan kamu menemui berbagai kendala dan kesulitan,karena lelah akhirnya kamu merasa bosan. Dan akibat dari rasa bosan ini,maka...kamu merasa tidak tertarik lagi untuk melanjutkan pekerjaan itu.

Jika kamu mudah merasa bosan,hingga akhirnya mudah putus asa dan merasa lelah,maka maka kamu bisa membayangkan sendiri,berapa kali kamu berhenti,berapa kali kamu menunda pekerjaan mu itu,sehingga akhirnya...yang terjadi adalah kamu gagal mencapai tujuan seperti yang kamu inginkan atau yang kamu rencanakan selama ini.

Akhirnya kamu sendiri kan yang rugi?

Jadi...,ketika kamu mulai merasa bosan,usahakan untuk segera mencari solusi atau cara untuk mengatasi rasa bosan mu tadi,jangan biarkan rasa bosan mu itu membuat semua impian dan keinginanmu gagal di tengah jalan.

3.Kualitas hidup semakin menurun

Akibat lain dari rasa bosan yang sering datang melanda adalah,bisa membuat kualitas hidupmu semakin lama semakin menurun.

Karena mudah bosan,kamu jadi sulit maju,sulit berkembang,sering mengalami kegagalan,sulit mewujudkan impian dan keinginan.

Ya...memang banyak orang mengatakan,kegagalan adalah hal yang biasa di alami oleh semua orang,tetapi akibat seringnya mengalami kegagalan,maka,sering juga membuat kita tidak bergairah dan kehilangan semangat dakam menjalani hidup. Inilah yang aku maksud dengan menurunnya kualitas hidupitu tadi.

Kita mudah merasa bosan,bahkan mudah putus asa,dengan kata lain,mental kita menjadi lemah,dengan mental yang lemah ini,seringkali kita juga sulit untuk bisa berkembang,dalam hal kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Baik dalam hal materi,keuangan dan mentalitas kita sebagai makhluk sosial.

4.Sering di anggap pemalas,tidak mau bekerja keras dan kurang serius menjalani sesuatu

Karena kualitas hidup kamu yang semakin menurun tadi,akhirnya memunculkan anggapan dari orang lain di sekelilingmu, bahwa kamu adalah seorang pemalas,seorang yang tidak pernah bersungguh mengerjakan atau menjalani sesuatu,tidak mau bekerja keras karena melihat kualitas hidupmu secara ekomonomi dan mental yang begitu-begitu saja. 

Meskipun sebenarnya kamu sendiri sudah melakukan semuanya dengan maksimal,sudah bekerja keras,tapi karena kamu tidak mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapanmu dan harapan orang-orang di sekelilingmu,kamu jadi mudah bosan,mudah merasa lelah,lalu membuat kamu akhirnya menyerah.

Inilah yang akhirnya memunculkan pandangan-pandangan negatif  dari orang lain tentang diri kita hanya karena sifat kita yang mudah bosan itu tadi.

Sedikit berbagi pengalaman,aku pernah di posisi ini,yaitu...ketika orang lain melihat kondisiku yang hingga saat ini masih belum mapan secara finansial,ketika aku belum juga bisa mendapat pekerjaan dan usaha yang menjanjikan.Orang lain dengan mudahnya menghakimi dan menganggap aku ini pemalas,gak mau bekerja keras,gampang bosenan,tidak realistis,suka pindah-pindah pekerjaan,suka gonta-ganti usaha dan masih banyak hal dalam diriku yang mereka lihat sehingga membuat mereka berasumsi dan membuat kesimpulan seperti itu tadi.

Baca juga: Aku Pemalas

Ya...aku akui,aku memang mudah merasa bosan ketika aku terpaksa menjalani sesuatu yang tidak aku sukai atau tidak aku cintai,baik dalam pekerjaan,pendidikan maupun dalam menjalani suatu hubungan.Dan menurutku..."memaksakan diri"hanya akan buang waktu dan energi,lebih baik aku berhenti atau meninggalkan semua itu,dan mencari energi dan suasana baru,sehingga dengan begitu aku merasa hidupku lebih bersemangat dan lebih bergairah,tentunya lebih produktif.

5.Beresiko mengalami gangguan kejiwaan

Lah...lalu...,apa hubungannya antara rasa bosan dan gangguan jiwa? Tentu saja ada.

Dari ke 4 akibat jika kita sering merasa bosan diatas,jika ke empatnya terakumulasi dalam hidup kita,maka tidak menutup kemungkinan akan mengakibatkan gangguan kejiwaan dalam diri kita.

Di mulai dari pekerjaan yang sering terbengkalai,yang bisa membuat kita sering mengalami kegagalan,dari berbagai macam kegagalan yang kamu alami itu,pada akhirnya akan membuat banyak orang beranggapan bahwa kamu adalah sosok pemalas dan tidak mau bekerja keras. Dan dari anggapan-anggapan seperti itulah,jika kamu tidak kuat secara mental,kamu akan merasa tertekan dengan omongan orang semakin tertekan,hingga akhirnya pun bisa berdampak buruk pada kejiwaan mu,khususnya kesehatan mental mu


Bagaimana cara mengatasi rasa bosan?

Setelah kita mengetahui penyebab dan akibat yang ditimbulkan dari rasa mudah bosan di atas,tentu kita juga perlu segera mencari solusi dan cara mengatasi rasa mudah bosan itu tadi.

Karena seperti yang sudah aku sampaikan diatas,sifat mudah bosan atau bosenan itu,jika dibiarkan berlarut-larut dampaknya bisa meluas  ke berbagai aspek kehidupan kita,bahkan pada kasus yang lebih parah, juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental kita.

Oleh karena itu..,segeralah mencari solusi agar sifat mudah bosan mu itu tidak berakibat semakin fatal.

Berikut ini,beberapa tips yang bisa aku bagikan,berdasarkan pengalaman ku,bagaimana cara mengatasi rasa bosan agar tidak keseringan atau brlarut-larut.

1.Berhenti melakukan atau menjalani apapun yang membuatmu bosan

Ketika rasa bosan itu datang,ada baiknya kita berhenti sejenak atau istirahat mengambil waktu untuk cuti atau resign aja sekalian,jika memang rasa bosan yang kamu rasakan benar-benar parah dan terlalu sering kamu alami. 

Kenapa aku menyarankan demikian? Karena akan percuma jika kamu lanjutkan akibatnya hanya akan membuatmu semakin lelah,karena lelah kerja kurang maksimal bahkan bisa merugikan perusahaan dan rekan-rekan kerjamu jika kamu sering ijin tidak masuk kerja karena bosan,pastinya ini akan membuat kamu semakin tidak produktif dan reputasimu sebagai karyawan semakin menurun.

Lebih baik kita berhenti dari pekerjaan yang membuat kita merasa bosan itu tadi,dan pindah tempat kerja yang baru yang sesuai dengan keinginanmu,mungkin akan lebih membuat kualitas hidupmu semakin membaik sehingga reputasi dan produktifitasmu di tempat kerja yang baru juga bisa lebih meningkat. 

Misalnya dengan cara mengambil cuti dari pekerjaan kita,atau resign dan cari pekerjaan baru yang sesuai dengan passion dan jiwa kita.,jika memang rasa bosan yang kita alami benar-benar parah,hingga membuat kita sering bolos atau ijin tidak masuk kerja. 

Ya memang kita tahu bahwa cari kejaan itu gak gampang,usaha sendiri juga gak mudah,tetapi lebih sulit lagi ketika kita harus menjalani sesuatu yang tidak kita sukai,tidak kita cintai,membuat kita sulit maju dan berkembang.

Begitu juga ketika kamu menjalani hubungan dengan seseorang yang tidak kamu sukai dan tidak kamu cintai,tentu akan sangat menyiksa jika terus kamu lanjutkan hubungan tersebut,menyiksa dirimu sendiri dan juga pasanganmu tadi. 

Ada dua pilihan, berhenti sejenak melepas lelah lalu kembali melanjutkan langkah,atau terpaksa terus melangkah meski dengan berjuta rasa lelah.

2.Lakukan hobi dan kesukaanmu

Hobi,bagi banyak orang di percaya bisa mengusir rasa lelah dan bosan. Karena hobi adalah sesuatu atau kegiatan menyenangkan yang biasa di lakukan di saat waktu luang.

Saat kamu mulai bosan dan jenuh dengan keadaan sekitar,jangan biarkan keadaan tersebut berlarut-larut,segeralah lakukan sesuatu yang menyenangkan,yang bisa membuat energi dan semangatmu kembali menyala,yang bisa membuat adrenalin mu kembali terpacu.

Entah itu liburan (travelling),berenang,membaca,melukis,main game,bernyanyi,olah raga,yoga, atau apa saja yang sesuai dengan minat dan kesukaanmu,yang tujuannya untuk menyegarkan kembali (refreshing) kondisi tubuh dan pikiranmu yang lelah akibat rasa bosan tadi.

3.Lakukan apa yang ingin kamu lakukan

Saat merasa bosan,biasanya aku memilih menyendiri,melakukan apa yang aku mau,apa yang aku suka,pa yang aku ingin,tanpa ingin peduli dengan keadaan sekitar yang membuat aku merasa bosan.

Dengan begini aku merasa bebas dan tidak terikat atau tertekan oleh apapun. Membebaskan pikiran dan jiwaku mengembara sebebas-bebasnya seperti yang aku mau dan aku suka,membebaskan diri darirasa lelah dan bosan yang selama ini membelenggu jiwaku.

4.Lakukan perubahan suasana lingkungan yang bisa membuatmu nyaman

Saat kamu merasa bosan dengan situasi dan keadaan di sekelilingmu,cobalah untuk membuat perubahan suasana tempat kerja,suasana di rumah,suasana belajar yang tadinya kurang menarik, kamu buat agak lebih menarik.

Tujuannya tentu untuk mengusir rasa bosan dan mengembalikan lagi semangat kita.

Rubah desain interior atau tata letak tempat kerja atau tempat tinggal kamu,buatlah senyaman mungkin dengan menambahkan ornamen-ornamen hiasan dinding bertuliskan kata-kata penyemangat,atau benda-benda koleksi kesukaan kamu,memajang foto-foto favorit kamu, atau mengganti warna cat dinding,mengganti wallpaper laptop atau PC kamu.

Intinya buatlah suasana tempat kerja maupun tempat tinggal kamu yang tadinya monoton dan membosankan,menjadi lebih menarik,lebih fresh dan bisa membangkitkan semangat serta gairah kamu saat bekerja dan melakukan berbagai aktifitas.

Kesimpulan

Rasa bosan memang bisa datang kapanpun dan bisa di alami oleh siapapun,dan banyak hal yang bisa menjadi faktor pemicu munculnya rasa bosan itu tadi.

Namun begitu,rasa bosan menjadi tidak wajar ketika kerap menghampiri kita.Sifat mudah bosan yang ada dalam diri kita sebisa mungkin harus di hindari atau di cari solusi nya.

Karena jika dibiarkan,sifat mudah bosan atau bosenan ini secara langsung maupun tidak langsung, akibatnya bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Baik itu di rumah,di lingkungan pekerjaan,di sekolah,di bangku kuliah,saat menjalin hubungan khusus dengan seseorang bahkan dalam hubungan pertemanan pun akan sangat berbahaya jika kita biarkan rsa mudah bosan itu datang menghampiri kita.

Bahkan, dari beberapa riset yang pernah aku baca menyatakan bahwa rasa bosan yang berlebihan atau kerap kali muncul dalam diri seseorang,bisa berakibat fatal,seperti stress,depresi bahkan samapi ada yang ingin mengakhiri hidup akibat seringnya merasa bosan itu tadi.

Pada artikel tulisanku kali ini,aku sudah sajikan beberapa tips cara mengantasi rasa mudah bosan. Semoga tips-tips tadi berguna dan bermanfaat buat kalian yang memiliki sifat mudah merasa bosan,juga kalian yang mungkin memiliki sosok teman,sahabat,saudara,maupun pasangan yang punya sifat mudah merasa bosan,agar memiliki empati dan simpati untuk membantu dn mendampingi mereka dalam mengatasi persoalan hidupnya tersebut. 

Seperti biasa,biar gak gampang bosan membaca artikel-artikel di blog ini,selalu aku bagikan sebuah quotes sebagai penyemangat diakhir tulisanku ini:

Seperti halnya pagi,sebuah awal walau kadang terasa berat dan monoton,tugas kita adalah menapakinya"_Henry David Thoreau

 

Beitulah hidup...,suka tidak suka,mau tidak mau,bosan atau tidak bosan,kita harus tetap menjalaninya,karena itulah hakikat kita sebagai makhluk ciptaan Nya,Kalahkan rasa bosanmu seperti kamu memenangkan semangatmu,

Terima kasih sudah membaca,God Bless You all n..cheer up!!!

  



0 Komentar