Apa itu Passion?Seberapa pentingkah perannya dalam hidup kita?

Apa itu pasion?


Akhir-akhir ini semakin ramai orang membicarakan tentang passion,baik di dunia maya maupun di dunia nyata.Karena konon katanya,passion ini sesuatu yang sangat dibutuhkan dalam diri seseorang terutama kaitannya dengan masalah karir dan pekerjaan serta kualitas hidup seseorang secara keseluruhan.

Jujur,aku sendiri sebenarnya juga penasaran,tentang apa dan seberapa pentingnya peran passion dalam hidup ini. Karena penasaran dan gak mau ketinggalan update tentang passion ini,akhirnya...aku mencoba mencari tahu dan mencari berbagai informasi tentang yang namanya passion ini.

Apa sih yang di maksud dengan passion itu? 

Passion dalam bahasa Indonesia artinya gairah,menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya hasrat,keberanian yang kuat,sehingga jika di simpulkan  passion artinya suatu hasrat,keberanian dan dorongan perasaan yang kuat,dalam diri seseorang yang membuatnya merasa suka,ingin dan bersemangat untuk melakukan atau mengerjakan sesuatu.

Contohnya menulis,melukis,berkebun,bermain musik,menyanyi,memasak,travelling,olah raga,dan lain-lain

Lah...bukannya itu semua adalah hobi?

Ya...memang antara hobi dan passion sekilas memiliki kemiripan,tetapi ini sangat berbeda meskipun sama-sama sesuatu yang dilakukan atas dasar "suka".


Jadi,apa bedanya hobi dan passion?

Seringkali banyak di antara kita yang masih sulit membedakan,mana yang suka karena hobi dan mana yang suka karena passion,untuk melihat perbedaannya,kita harus cari tahu dulu definisi dari keduanya,

Hobi adalah kegiatan atau aktifitas menyenangkan,yang dilakukan di saat senggang sebagai hiburan,sedangkan passion adalah suatu dorongan yang kuat dalam diri kita semacam gairah,kecintaan atau semangat yang membuat kita jadi suka dan selalu ingin melakukannya.

Gambaran sederhananya begini...ketika aktifitas seperti menulis,bernyanyi,berkebun,olah raga,dll hanyalah sebuah hobi ,kamu hanya akan melakukannya saat ada waktu luang saja.

Jadi, saat tidak ada waktu senggang atau luang,kamu bisa saja tidak melakukannya,meskipun kamu suka melakukannya.

Hobi sifatnya hanya sebagai hiburan atau selingan semata,artinya sebagai kegiatan yang kamu lakukan untuk mengusir rasa lelah,bosan,jenuh karena pekerjaan atau aktifitas lainnya.

Beda halnya dengan Passion, ketika kamu merasa aktivitas menulis,bernyanyi,berkebun,olah raga,dll itu tadi adalah passionmu,maka kamu akan selalu ingin melakukannya atau mengerjakannya,bahkan kamu merasa ada yang kurang dalam hidupmu,saat kamu belum/tidak menulis. 

Kamu akan selalu ingin atau berusaha harus melakukan itu,karena aktifitas itulah yang bisa membuatmu merasa lebih bersemangat,lebih bergairah dan lebih bermakna dalam menjalani hidup ini.

Seorang pesepak bola profesional,memiliki passion bermain bola,tetapi dia juga punya hobi bernyanyi atau bersepeda,di saat tidak ada pertandingan sepak bola,dia mempergunakan waktu luangnya untuk bersepeda atau bernyanyi bersama keluarga dan teman-temannya. Meskipun dia hobi bernyanyi,dan memiliki suara yang bagus,tetapi ketika diberi pilihan untuk berkarir sebagai pemain bola atau penyanyi dengan bayaran atau upah yang sama,dia akan memilih profesi sebagai pemain bola,karena baginya bermain bola itu lebih dari sekedar hobi,meskipun antara menyanyi dan bermain bola sama-sama bisa menghasilkan uang,tetapi dengan bersepak bola selain bisa menghasilkan untuk mencukupi keperluan dan kebutuhannya,dia juga bisa mengharumkan nama keluarga dan bangsanya,dengan bersepak bola dia merasa hidupnya lebih bergairah,bersemangat dan bermakna.

Jadi jelaskan,apa perbedaan hobi dan passion?

Itulah beberapa alasan atau gambaran tentang apa yang di maksud dengan passion dan apa bedanya dengan hobi.


Lalu mengapa passion itu penting?

Menurutku,peran passion itu sangat penting sekali ya...,karena ketika kita tidak mempunyai passion,kita akan kesulitan dalam mencapai "titik kepuasan" dalam hidup. Artinya,sebesar apapun pencapaian kita dalam hidup ini,jika itu bukan passion kita,bukan gairah kita,kita tidak akan pernah merasa puas dan bersyukur.

Banyak orang sukses dan kaya tapi mereka belum tentu bisa merasa puas dan bahagia dari kekayaan dan kesuksesan yang sudah berhasil dia raih.Sebab apa yang berhasil dia raih itu memang pantas dia dapatkan karena memang dia mampu dan berpengalaman untuk melakukannya,bukan karena dia ingin dan suka melakukannya.

Tetapi...ada orang-orang yang merasa bahagia dan mengalami kepuasan dalam hidupnya meskipun di mata orang lain dia belum berhasil dan sukses,karena dia merasa apa yang dia lakukan selama ini adalah gairahnya,sesuai dengan keinginan dan dorongan yang kuat dalam dirinya.

Itulah mengapa para pakar psikologi dan kesehatan mental sering menyarankan agar kita bisa menemukan passion kita sedini mungkin,karena beberapa alasan berikut ini,

1. Membuat hidup lebih bermakna

Melakukan sesuatu karena passion akan membuat kita lebih bersemangat. Bayangkan saja misalnya kamu bekerja sesuai dengan passion mu,pasti hasilnya akan lebih maksimal di banding ketika kamu bekerja hanya semata-mata karena alasan gaji atau uang saja.

Aku bisa menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau laptop untuk menulis,atau membuat beberapa desain,bahkan aku betah begadang sampai pagi untuk menyelesaikan tulisanku.

Dan....tau gak?Aku sampe sering nekad ijin atau bolos kerja berhari-hari hanya untuk menyelesaikan tulisanku,haha...

Padahal,jujur saja aku belum pernah mendapatkan uang sepeser pun dari tulisan-tulisanku,alih-alih ada yang membaca lalu memuji tulisanku itu. Tapi entah mengapa,aku merasa tetap bersemangat dan yakin bahwa suatu hari nanti impianku untuk membahagiakan anak-anakku dengan menulis pasti akan terwujud.

Bahkan saat dimintai tolong teman atau keluarga untuk membuatkan berbagai macam desain,seperti desain undangan,logo usaha,desain banner,edit video dan lain-lain.Kebanyakan mereka merasa puas dan memuji hasil pekerjaanku,tapi jarang yang ngasih aku reward baik berupa barang atau uang.Tetapi....,meskipun hanya menerima sepotong ucapan doa dan rasa terima kasih saja,aku sudah sangat suka dan bersemangat untuk melakukannya dan tidak pernah merasa bosan jika suatu hari ada teman atau saudara yang minta tolong lagi atau berniat meminta upah dari apa yang sudah aku lakukan tadi. 

Karena ya itu tadi,semua yang aku lakukan itu,baik menulis,mendesain,mengedit dan menolong orang adalah passion ku bukan sekedar hobi atau kesukaanku.

Sehingga ketika aku melakukannya aku merasa adrenalin dan semangat hidupku selalu terbakar,apalagi kalau apa yang aku lakukan itu bisa menghasilkan uang,tentu aku akan lebih bersemangat dan merasa hidupku lebih berguna dan bermakna.

[posts--tag:Edukasi--5]

2.Lebih mudah menentukan pilihan hidup

Dalam hidup ini,seringkali kita berada di persimpangan jalan dan di hadapkan pada beberapa pilihan. Kita juga sering dibuat bingung dengan pilihan itu.

Ada dua orang gadis,gadis A dan gadis B,di mata semua orang gadis A ini cantik,pintar dan punya karir yang mapan,sedangkan gadis B dia hanya gadis biasa dengan kecantikan dan kehidupan yang biasa juga.Tetapi kamu lebih memilih gadis B daripada gadis A,padahal kalau kamu mau,kamu juga bisa mendapatkan gadis A. Tetapi karena kamu merasa lebih cocok dan lebih nyaman dengan gadis B,akhirnya kamu memilih gadis B,entah apa alasannya,yang jelas,gadis B selalu bisa membuatmu bergairah,selalu bisa membuatmu selalu bersemangat menjalani hari-harimu,bersama gadis B kamu bisa melakukan apa saja untuk dia,kamu selalu ingin memberikan dia sesuatu yang berarti meskipun dia tidak memintanya.Intinya bersama gadis B yang menjadi pilihanmu,kamu merasa hidupmu lebih berarti dan lebih bermakna.Padahal,di mata orang lain gadis B hanya gadis biasa saja,tetapi di matamu dia begitu istimewa,kamu nyaris tidak bisa menjelaskan ketika ada yang bertanya kenapa kamu sangat mencintainya,karena gadis B adalah passion mu,gairahmu,dan semangatmu.

Disinilah pentingnya passion,dengan passion yang kita punyai kita menjadi lebih mudah dalam menentukan pilihan "hidup".

Mau sekolah di mana,mau berprofesi atau bekerja sebagai apa, bahkan passion juga penting dan dibutuhkan dalam hal memilih pasangan hidup. 

3.Membentuk Idealime dan karakter yang kuat pada diri kita

Passion dipercaya mampu mempengaruhi munculnya pemikiran atau idealisme yang kuat dalam diri seseorang. Kita,bisa menjadi sosok yang idealis karena kita merasa disitu kita punya passion yang kuat.sehingga membuat kita yakin bahwa kita akan berhasil meraih cita-cita,impian dan tujuan hidup kita.

Ketika kita punya passion menulis,lalu kita ingin berhasil membuat sebuah buku yang bisa mengantar kita pada yang namanya "kesuksesan". Kemudian...,kita menulis dengan tema dan gaya bahasa yang sesuai dengan idealisme kita. Meskipun orang lain mengatakan bahwa  tulisan seperti itu sekarang ini kurang laku,atau kurang menjual,bahkan di saat orang lain merasa pesimis bahwa menulis sekarang ini tidak bisa menjamin masa depan hidup kita,kita justru merasa yakin,akhirnya kita menjadi sosok yang idealis,kita sangat yakin bahwa kita pasti bisa "sukses" melalui karya-karya tulisan kita tersebut. Dengan gaya bahasa dan tema yang berbeda kita merasa karya kita ini unik dan pasti laku.

Meskipun menurut sebagian orang tulisan atau karya kita "kurang menjual",tapi kita tetap tidak bergeming,kita tetap yakin dan bertahan dengan idealisme kita tadi.Karena kita punya dasar dan keyakinan yang kuat yaitu passion yang kita miliki.

Meskipun idealisme juga sering di pandang negatif, sebagai sebuah fanatisme yang berlebihan pada hal-hal tertentu,tetapi memiliki sifat idealis juga penting dan sangat di butuhkan untuk membentuk karakter yang kuat pada diri seseorang.

Kaitannya dengan soal karir dan pekerjaan,kita akan menjadi sosok yang loyal dan berdedikasi tinggi pada perusahaan tempat kita bekerja.

4.Meningkatkan kinerja dan produktifitas

Bekerja dengan passion jelas adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Bayangkan saja seandainya kamu bekerja sesuai dengan keinginan atau kesukaanmu terhadap sesuatu,tentu kamu akan selalu bersemangat dan selalu berusaha untuk mencapai hasil yang maksimal dalam pekerjaan mu tadi

Setiap hari,ketika kamu bangun tidur hal yang pertama kamu pikirkan adalah pekerjaanmu itu,atau kamu merasa sangat bersyukur telah mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu dan passionmu.

Sehingga,setiap hari kamu selalu bersemangat dan penuh gairah bergegas untuk bekerja dan beraktifitas melakukan yang terbaik,memberikan yang terbaik dan menghasilkan karya atau pekerjaan terbaikmu. .

Jadi disinilah pentingnya passion dalam kehidupan kita terutama dalam hal karir dan pekerjaan,membuat kinerjamu semakin hari semakin bagus,dan produktifitasmu pun semakin meningkat.

5.Menurunkan tingkat stress dalam pekerjaan dan dalam hidup secara keseluruhan

Bekerja atau melakukan sesuatu sesuai dengan passion,sudah pasti akan meminimalisir tingkat stress kita saat melakukan pekerjaan tersebut.

Setiap pekerjaan,apapun itu,pasti ada yang namanya resiko,kesulitan dan kendala yang kita hadapi yang bisa berakibat munculnya stress dan rasa tertekan dalam diri kita.Tetapi dengan memilih pekerjaan atau profesi yang sesuai dengan passion,segala kesulitan dan kendala yang kita hadapi dalam pekerjaan,bisa kita ubah menjadi sebuah tantangan yang justru membuat kita semakin semangat dan adrenalin kita semakin terpacu untuk bisa menjawab dan menyelesaikan tantangan itu.

Ketika kita berhasil menjawab dan menyelesaikan tantangan yang kita hadapi,tentu kita akan semakin bersemangat dalam menjalani hidup ini.

Intinya...dengan passion...apapun persoalan hidup ini,lewatttt....hehe...

Bagaimana cara mencari atau mengetahui passion dalam diri kita?

Karena passion memiliki peranan yang sangat penting dalam hidup kita,maka...,penting juga bagi kita untuk mencari tahu atau mengetahui passion yang ada dalam diri kita.Lantas...,bagaimana cara menentukan atau mengetahui passion dalam diri kita?

Sebenarnya tidak ada tehnik khusus yang bisa di jadikan sebagai trik atau cara untuk mengetahui passion dalam diri kita.

Namun,menurut para pakar psikologi dan kesehatan mental,pada dasarnya kita harus mencari tahu dan terus mengingat-ingat,hal-hal apa saja yang membuat kita merasa senang dan selalu ingin melakukannya,bahkan sejak kita masih kanak-kanak hal tersebut sudah menjadi impian kita.

Mungkin kesenangan atau kesukaan itu sering berubah-ubah,tapi di antara semua yang pernah kamu lakukan dan kamu pikirkan,cobalah untuk mengambil satu saja yang menurutmu paling bisa membuatmu menemukan gairah,semangat dan makna dari hidupmu.

 Penutup

Ketika kita mengejar sesuatu karena passion,seringkali kita akan di hadapkan pada banyak kesulitan dan kendala,bahkan seringkali kita dianggap terlalu idealis dan tidak realistis dengan passion tersebut.

Justru itulah yang harus kamu jadikan sebuah tantangan dalam hidupmu untuk lebih bersemangat lagi melakukannya.

Bukan karena hal itu sulit,sehingga kita tidak berani,tapi karena kita tidak berani sehingga hal itu sulit_seneca

Caption atau quotes di atas menggambarkan bagaimana kekuatan sebuah passion,seperti sebuah keberanian yang begitu besar,sehingga mampu membuat kita merasa yakin bisa melewati apapun kesulitan pada setiap pilihan yang kita buat dalam hidup ini.
  
Oleh karena itu,banyak sekali opini dan pandangan,bahkan hasil riset menyatakan bahwa passion juga di percaya bisa mengantarkan kita pada kesuksesan dan keberhasilan.Banyak orang sering mengalami kegagalan dalam karir,bisnis dan pekerjaan karena apa yang mereka lakukan hanya semata-mata mengejar uang,dan menganggap passion tidak berperan begitu penting.

Passion bisa muncul dalam diri kita,nyaris tanpa alasan yang bisa di jelaskan,dan seringkali harus melalui proses yang panjang,bisa berawal dari hobi,minat dan juga pengalaman hidup.

Segera cari passionmu, maka disitulah kamu akan menemukan semangat dan makna hidupmu....

Terima kasih sudah membaca,jangan lupa bagikan ya jika artikel ini bermanfaat,

Cheer up and be passionate guys...


0 Komentar