Bosan Ngeblog? Berikut ini 6 Tips dan Cara Mengatasi Rasa Bosan Ngeblog

ilustrasi bosan ngeblog


Sebagai blogger,pernah gak kamu merasa tiba-tiba bosan ngeblog? Mau nulis males,mau bikin artikel males,boro-boro mau utak-utik blog,bahkan mau buka laptop atau PC aja males.

Aku rasa...,semua blogger pasti pernah mengalami hal ini,dan aku sendiri juga pernah,bahkan sering  mengalaminya dan menurutku hal ini adalah hal yang umum dan lumrah di alami oleh para Blogger,sekalipun itu blogger yang sudah pro terlebih blogger pemula seperti aku ini.


Penyebab atau Alasan mengapa kita bosan Ngeblog

Seperti hal nya rasa bosan pada hal yang lain,rasa bosan ngeblog juga pasti ada penyebabnya. Berdasarkan pengalaman yang aku alami,rasa bosan untuk mengelola blog itu bisa muncul ketika ada hal-hal yang mendasarinya atau yang menjadi penyebabnya,seperti:

1.Hasil yang kita dapatkan tidak sesuai ekspektasi

Ketika kamu memilih untuk fokus menjadi seorang blogger,tentu kamu punya tujuan mengapa kamu memilih untuk menekuni pekerjaan atau profesi tersebut. 

Jujur saja ya uang adalah tujuan dan alasan utama mengapa aku memutuskan untuk menekuni profesi yang satu ini (blogger).Termotivasi dengan kisah sukses para blogger yang telah berhasil membuktikan bahwa ngeblog bisa menghasilkan uang itulah,akhirnya dalam benakku muncul keinginan yang sama seperti mereka 

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Menulis di Blog

Ada yang berpenghasilan mencapai puluhan hingga ratusan juta per bulan. Ada yang bisa beli mobil,rumah,pergi liburan ke luar negeri hingga berhasil pergi ke tanah suci dengan uang atau penghasilan yang mereka peroleh selama ngeblog.

Aku benar-benar termotivasi dengan kisah-kisah para Blogger sukses tersebut,dari situlah akhirnya aku memutuskan untuk membuat sebuah blog,menulis artikel disana,bahkan untuk menunjukkan keseriusanku ngeblog aku juga rela mengeluarkan biaya-biaya untuk mengoptimalkan blog yang aku buat tersebut. .Seperti biaya untuk beli template premium,beli domain TLD (Top Level Domain),biaya les privat ngeblog atau kursus SEO dan lain-lain

Tak hanya itu,aku juga rela menghabiskan sebagian besar waktu ku untuk fokus mengelola blog,aku sering begadang dan tidur larut malam bahkan hingga menjelang pagi hari,hanya untuk nulis dan utak-atik blog supaya blog yang aku kelola semakin optimal dan bisa segera menghasilkan cuan.

Setelah berjalan selama beberapa bulan dan aku merasa usahaku sudah maksimal,merasa blog yang aku kelola juga sudah memenuhi standar kualitas Google Adsense,akhirnya aku mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense agar blog yang aku kelola bisa ditinjau dan diterima menjadi penayang iklan,sehingga dari situ aku bisa mendapatkan penghasilan.

Tapi...,setelah menunggu sekitar 2 mingguan,ternyata surat permohonan ku kepada Google Adsense di tolak,dengan alasan, masih ada beberapa hal di blog ini,yang belum memenuhi syarat untuk menjadi penayang iklan Google Adsense. Bahkan berkali-kali aku mengajukan permohonan itu,berkali-kali juga aku mengalami penolakan.Huuffttt....rasanya capek,sedih,dan kecewa,karena harus mengalami penolakan dan penolakan lagi.

Bahkan tak hanya itu,aku juga belum berhasil memonetisasi blog yang aku kelola ini dengan cara apapun,semua usahaku memonetisasi blog ini juga masih belum berhasil.Seperti memasarkan produk afiliasi di blog,berjualan produk atau jasa melalui blog, bahkan aku juga sudah mencoba menjadi penayang iklan diluar Google Andsense. Itu semua sudah aku coba tapi ya...masih belum ada satupun yang berhasil.

Inilah yang akhirnya membuat aku patah semangat bahkan ingin menyerah dan berhenti ngeblog.

 

2.Terlalu sering gagal

Jika kalian berada di posisi ku saat ini,yang masih belum berhasil meraih sukses dari ngeblog seperti akspektasiku selama ini,tentu kalian juga akan merasakan hal yang sama,yaitu bosan,jenuh,capek dan lelah bahkan ingin berhenti dan menyerah.

Semula aku mengira,mencari cuan dari ngeblog itu mudah,bisa di raih dalam waktu 1,2 atau 3 bulan, seperti cerita beberapa blogger yang sudah berhasil meraih sukses tadi.

Padahal,kenyataannya tidak lah semudah itu,ada banyak proses yang mesti kita lalui, terutama buat blogger pemula seperti aku ini,yang belum memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan tentang dunia blogging,tentu akan lebih sulit untuk bisa mewujudkan ekspektasi itu dengan cepat dan instan,dibandingkan dengan mereka yang memang sudah punya basic skill yang mumpuni tentang dunia blogging.

Akibat terlalu sering mengalami penolakan dari Google Adsense,dan terlalu sering mengalami kegagalan untuk memonetisasi blog ini,tidak hanya membuatku merasa bosan ngeblog saja,bahkan sering muncul rasa ingin berhenti dan menyerah saja.

3. Karena tidak ada support system dan skill ngeblog yang mumpuni

Ngeblog adalah hal yang mudah dan bisa di lakukan oleh siapapun jika tujuan kita ngeblog hanyalah sekedar untuk menyalurkan hobi menulis. Kalian tinggal bikin artikel,lalu mempublikasikannya,dah selesai,gak usah terlalu mikirin blog tersebut "laku atau tidak laku".

Tetapi jika tujuan kalian ngeblog adalah untuk menghasilkan uang atau cuan,tentu akan beda ceritanya. Dibutuhkan usaha dan perjuangan keras untuk mencapai tujuan tersebut,bahkan usaha yang ekstra keras untuk blogger pemula tanpa skill dan pengetahuan tentang blogging yang mumpuni,seperti aku ini.

Apalagi tanpa adanya support system yang mendukung tujuan dan impian kita untuk  menjadi seorang blogger sukses,tidak ada tempat berbagi,tidak ada tempat bertanya,tentu akan sangat melelahkan dan mudah sekali membuat kita merasa bosan.

Support system yang aku maksudkan disini bisa support atau dukungan moril dari keluarga teman maupun saudara kita, yang mendukung rencana,impian dan keinginan kita untuk menjadi seorang blogger sukses, atau tempat untuk sharing segala hal tentang blogging bagi kita yang masih pemula dan asing. 

Tak hanya itu,kita juga butuh  dukungan materiil yakni berupa modal peralatan untuk ngeblog seperti koneksi internet yang memadai,laptop,PC atau komputer yang memadai bahkan kita juga butuh modal uang,karena mengelola sebuah blog itu seperti hal nya mengelola sebuah bisnis atau usaha,di butuhkan biaya-biaya untuk mengoptimalisasi blog kita tersebut agar bisa menghasilkan uang. 

Bayangkan saja,ketika kalian bermimpi atau punya cita-cita untuk menjadi seorang blogger sukses,lalu kalian ceritakan impian dan tujuan kalian ngeblog tadi kepada teman,keluarga dan sanak saudara kalian. Ternyata bukan support atau dukungan yang kalian dapatkan malah sebaliknya,kalian dianggap sedang bermimpi dan tidak realistis dengan impian-impian kalian tadi

Tentu ada rasa kecewa dan lelah dalam benak kalian,harus berjuang dan mewujudkan impian dan cita-cita itu seorang diri,tanpa ada yang mau mendengar keluh kesah kita ketika menghadapi kesulitan dan kendala dalam proses mencapai tujuan tersebut.

Belum lagi jika kalian hanya mengandalkan niat,dan semangat saja,tanpa ada peralatan yang mendukung aktifitas ngeblog kalian tadi.Misalnya komputer yang lemot dan sering error,atau tidak punya komputer atau laptop dan terpaksa ngeblog hanya bermodal HP saja,atau jaringan internet yang tidak stabil, semua itu adalah kendala yang pasti akan kita hadapi untuk mencapai tujuan kita ngeblog tadi.

Intinya,tanpa adanya support system dan skill ngeblog yang mumpuni kita akan mengalami banyak masalah dan kesulitan,dan itu semua yang seringkali bisa membuat kita mudah merasa lelah dan bosan ngeblog.

4.Kurangnya pengalaman dalam dunia blogging

Seperti yang sudah aku sampaikan di atas,ngeblog tidak hanya sebatas membuat artikel,posting lalu selesai. Apalagi jika tujuannya adalah untuk menghasilkan uang,ada banyak hal yang harus kita lakukan,dan di butuhkan pengalaman serta pengetahuan yang mumpuni tentang dunia blogging.

Tanpa itu semua tentu akan memperlambat proses dan hasil yang ingin kita capai juga akan lama,bahkan mungkin bisa tidak sesuai dengan yang kita harapkan..

Proses yang berjalan lamban seringkali menimbulkan rasa bosan dan jenuh dalam diri kita.

Bagaimana tidak,jika tiap hari dalam jangka waktu yang relatif lama,berbulan-bulan, bahkan hingga  bertahun tahun kita terus menerus berkutat pada hal yang sama dengan hasil yang tidak sesuai harapan,sudah tentu akan memunculkan rasa bosan. 

  

Lalu,Bagaimana cara mengatasi rasa bosan ngeblog tadi?

Rasa bosan itu sama halnya seperti perasaan yang lain,merupakan perasaan atau suasana hati yang erat hubungannya dengan emosi dan mental kita. Untuk mengatasinya pun di butuhkan pola pikir atau mindset yang benar dan tepat.

Pola pikir dan suasana hati itu adalah tentang diri kita sendiri,tidak ada hubungannya dengan orang lain,sehingga yang bisa mengatasi semua itu hanya diri kita sendiri.seperti halnya rasa bosan itu tadi.

Berkiut ini 6 tips dan cara mengatasi rasa bosan ngeblog yang bisa kamu lakukan:

 1. Rubah tujuan dan mindset kita ngeblog

Ketika pertama kali memutuskan untuk benar-benar fokus menjadi seorang blogger,aku punya tujuan yaitu untuk menghasilkan uang dan ingin menjadikan blogger sebagai profesi dan pekerjaan utamaku,untuk merubah nasib dan keadaan ekonomiku.

Semula aku mengira ini adalah hal yang mudah dan bisa cepat menghasilkan sesuai target dan rencana yang telah aku susun. Tetapi seiring berjalannya waktu ternyata hasil yang aku peroleh tidak sesuai dengan yang aku harapkan,bahkan sampai saat ini aku belum bisa menghasilkan apa-apa (uang)

Tentu rasa kecewa dan bosan tadi tidak bisa aku hindari dan itu yang sering aku rasakan. Akhirnya lama kelamaan aku jadi males ngeblog karena sering di hinggapi rasa bosan itu tadi.  

Ketika rasa bosan ini melanda, aku sama sekali tidak melakukan apapun,tidak membuka komputerku,tidak menulis artikel, tidak juga ingin meng-utak-atik blog ku.

Pada saat merasa bosan dan tidak bersemangat seperti inilah,aku merenung dan mencoba introspeksi diri. Mengoreksi kembali mengapa sampai hari ini blog yang aku kelola belum juga menghasilkan.

Setelah menemukan beberapa hal yang menjadi masalah,aku mulai merubah pola pikirku.

Aku menyadari bahwa ternyata aku masih belum cukup memiliki pengalaman di dunia blogging,aku juga menyadari bahwa ternyata aku juga masih belum memiliki skill yang memadai dalam dunia per blogging an ini.  

Lalu...aku lupakan sejenak tujuan-tujuan ku tadi,ingat hanya melupakan sejenak,bukan untuk menghapusnya dari daftar tujuanku ngeblog.

Tujuanku yang semula blog harus bisa menghasilkan uang dalam jangka waktu 2-3 bulan,aku rubah lagi menjadi 4-6 bulan. Dengan begini aku jadi merasa masih punya waktu dan kesempatan untuk mengejar yang sudah tertinggal,aku bisa memaafkan dan memaklumi diriku sendiri tanpa harus merasa bersalah dengan kegagalan ini.

Dengan demikian,suasana hatiku yang tadinya memburuk bisa kembali membaik,yang tadinya aku merasa bosan dan gak bersemangat, jadi kembali bersemangat untuk menulis,dan berusaha memperbaiki semua masalah yang ada pada blog ku tadi.

Tak hanya itu,aku juga berusaha merubah mindset ku,bahwa tujuan ku membuat blok ini selain untuk menghasilkan uang juga untuk investasi yang bisa menghasilkan pasif income,artinya kalau bulan ini,bulan depan atau hingga tahun depan belum bisa menghasilkan,siapa tau 5 atau 10 tahun lagi bisa menghasilkan uang.

Atau jika masih gagal lagi,aku akan jadikan ini sebagai pengalaman dan pelajaran. Dengan begitu aku berhasil mengusir rasa bosanku dan kembali bersemangat lagi untuk mengelola blog ini,apapun hasilnya tidak jadi masalah.

2.Terus belajar dan perbaiki kesalahan    

Ketika rasa bosan ngeblog itu datang melanda, salah satu akibatnya adalah kita menjadi tidak konsisten untuk mengelola blog tersebut. Begitulah hal yang sering aku alami,ketika aku mulai merasa bosan ngeblog. 

Bentuk ketidak konsistenan itu bermacam-macam,misalnya,ada satu ketika dimana aku merasa bosan menulis artikel atau sedang mengalami writer block,yakni ketika kita merasa benar-benar kehabisan ide untuk menulis.Pada saat aku mengalami writer blog, bukannya berusaha mencari ide untuk menulis,tapi malah iseng mainan coding,utak-atik kode HTML,CSS,Javasript dan kawan-kawannya,hehe.... 

Tak hanya itu,aku bahkan sering menghabiskan waktu untuk gonta-ganti template blog,ngedit desain dan ganti logo Header Blog,atau utak-atik widget blog.ya memang tujuannya sih bagus, supaya blog tampil eye catching,keren dan menarik.

Di bawah ini adalah contoh desain header dan logo blog yang pernah aku terapkan di Blog ini.Semuanya aku desain sendiri saat sedang bosen nulis atau bosen ngeblog.

ini tulisanku.com

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com

Tetapi karena minimnya skill dan pengalaman ku di dunia blogging dan coding,yang terjadi justru sebaliknya,tata letak widget blog ku bukannya jadi tertata rapi tapi malah jadi berantakan gak karuan wkwkwkkkkk...

Dan ini adalah sebuah kesalahan bagi blogger pemula seperti aku ini,bahwa salah satu faktor penyebab sulitnya blog di terima oleh Google Adsense karena si pemilik blog sering gonta ganti template blog.

Dengan seringnya mengganti template blog,maka banyak meta data atau meta tag situs blog kita yang berubah atau bahkan hilang.Dan ini dampaknya kurang bagus bagi situs blog kita di mata mesin pencari Google,atau dengan kata lain blog kita kurang/tidak memenuhi syarat SEO friendly,sehingga sering mengalami penolakan Adsense.  

Karena biar bagaimanapun dalam dunia blogging article is the king artinya artikel adalah raja,artikel adalah segala-galanya,ibaratnya anatomi tubuh manusia,artikel adalah jantung dan hati,sedangkan tampilan blog hanyalah pemanis saja. Apalagi jika blog tersebut akan di daftarkan Google Adsense,harusnya tidak perlu di utak-atik dulu widgetnya.

Kegagalan dan kesalahan adalah hal yang wajar,meskipun itu sering kita alami. Artinya semakin kita sering gagal semakin kita mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman.

Dari kegagalan demi kegagalan itu lah kita harus berusaha untuk belajar lagi agar bisa kembali memperbaiki kesalahan-kesalahan yang kita lakukan.

Setelah menyadari itu,aku segera membuang jauh-jauh pikiran atau perasaan bosan yang melanda tadi,lalu kembali fokus pada tujuanku negeblog dan mulai perbaiki kesalahan dan kegagalan yang kita alami. 

3. Biasakan untuk tidak terlalu bergantung atau berharap pada orang lain

Saat kita mulai merasa bosan ngeblog,merasa capek dan lelah karena harus berjalan sendirian,berjuang sendiri mewujudkan impian dan cita-cita kita sebagai seorang blogger. Tak ada yang mendukung,tak ada yang peduli,ketika dihadapkan pada situasi semacam ini,maka satu-satunya hal yang harus kita lakukan adalah segera merubah mindset atau pola pikir kita.

Pikirkan bahwa setiap keputusan yang kita ambil dalam hidup ini adalah tanggung jawab kita,orang lain seringkali tidak mau tahu bahkan tidak peduli tentang keputusan yang kamu ambil itu. Alih-alih mengharap support dari orang-orang di sekelilingmu,untuk peduli pun mereka belum tentu mau.

Buatlah keputusan untuk dirimu sendiri,bukan untuk menyenangkan orang lain,bukan untuk mendapatkan pujian alih-alih pengakuan dari orang lain.Keputusan yang membuat kamu memang merasa nyaman dan suka melakukannya.

Begitu juga ketika kita memutuskan untuk menjadi seorang blogger,jangan pedulikan orang lain tentang keputusan tersebut,"Cuma tamatan SMP mau jadi blogger? Please ga usah ketinggian lah mimpinya" "Kamu kira ngeblog itu mudah?...." Mungkin kamu sering mendengar kata-kata atau ungkapan nyinyir seperti itu,abaikan saja,lalu bertanggung jawablah dan lakukan keputusan yang sudah kamu buat tadi dengan sepenuh hati dan berani,meskipun kamu harus berjalan sendiri,meskipun kamu harus berjuang sendiri.

Ingat di dunia ini semua yang tidak mungkin bagi manusia akan menjadi mungkin jika Tuhan sudah menghendaki.

Jika kamu mengalami kesulitan dan tidak tahu harus bertanya pada siapa,banyak cara yang bisa kamu lakukan,kamu bisa cari tahu dengan cara browsing di internet,membaca tutorial tentang blogging atau menonton berbagai video tutorial blogging yang banyak sekali bertebaran di internet.Ngeblog bukanlah sesuatu yang sulit jika kamu mau belajar.

Berjuang sendirian untuk meraih impian memang tidak mudah dan tentu sangat melelahkan,tetapi asalkan kita mau terus bertekun,tidak berhenti belajar,gigih dan pantang menyerah,serta tidak mudah bosan,yakinlah pasti akan ada jalan. 

Intinya...lo mau ngeblog ya ngeblog aja gak usah terlalu terbebani dengan ini itu,atau hal-hal yang membuat kita jadi baper dan lemah. Lakukan dengan profesional dan kerjakan saja yang terbaik,niscaya suatu hari nanti akan ada buah dan hasil yang akan kita tuai. Apalagi jika di dasari dengan niat dan tujuan yang mulia,pasti Tuhan akan mengabulkannya.  

Cambuk dan tamparlah dirimu sendiri dengan motivasi dan semangat dari diri sendiri,bahwa langkahmu sudah jauh,jangan biarkan orang lain mengambil kesempatan itu,hanya karena rasa lelah dan bosan mu yang sebenarnya tidak perlu,tak perlu bergantung dan menunggu motivasi dari orang lain yang belum tentu peduli.

Teruslah melangkah meski tanpa support dan dukungan siapapun,jangan menyerah meski harus berjalan sendirian.

4.Berhentilah sejenak dan lakukan apa yang kamu sukai

Seperti yang sudah aku sampaikan di atas,rasa bosan bisa di alami oleh siapapun dan bisa datang kapan pun,hal ini memang wajar. Tetapi meskipun demikian,kita tidak boleh membiarkan ini berlarut-larut atau sering menghampiri.

Saat datang rasa bosan itu,tidak ada salahnya kita berhenti dan meninggalkan blog kita itu barang sejenak,untuk melakukan hal-hal atau kegiatan yang kita sukai,seperti:

  • Melakukan hobi,misalnya main game,merawat tanaman di taman kita yang mungkin lama gak terurus karena kesibukan kita ngeblog,melukis,menggambar atau membuat makanan favorit keluarga.
  •  jalan-jalan untuk sekedar melihat pemandangan luar yang jarang kita lakukan ketika kita sudah sibuk di depan komputer untuk mengelola blog.
  • olah raga agar badan tetap fit dan pikiran selalu segar (fresh)
  • lakukan meditasi atau yoga,lepaskan,bebaskan dan lemaskan semua syaraf-syaraf otak kita yang tegang dari semua hal yang selama ini menekan kita.

Intinya lakukan apa yang ingin kamu lakukan,berhenti sejenak dari rutinitas ngeblog yang melelahkan tidak ada salahnya,barang sehari atau dua hari atau mungkin satu minggu juga gak masalah,asal jangan kelamaan biar gak lupa arah dan tujuan hehe...

Siapa tahu semua aktifitas di luar ngeblog yang kita lakukan itu,selain sebagai hiburan atau refreshing, juga sekaligus bisa menjadi ide atau bahan untuk menulis artikel kita selanjutnya kan?

Yah...anggap aja kalian lagi bosen, dan sedang kehabisan ide,sedang butuh waktu sejenak untuk mencari inspirasi,selain butuh waktu untuk refreshing dari rutinitas pekerjaan itu (ngeblog),yang selama ini telah menguras tenaga dan pikiranmu.

5. Rubah suasana dan tempat kerja

Salah satu faktor yang membuat kita merasa bosan adalah suasana tempat kerja yang monoton atau begitu-begitu saja. Termasuk suasana dan lingkungan tempat kita bekerja,melakukan aktifitas ngeblog.

Saat kamu di landa rasa bosan,cobalah untuk sesekali merubah layout atau desain tempat kerjamu,tujuannya tentu untuk mendapatkan suasana baru,yang sedikit berbeda dari biasanya. Aturlah meja kerja dan pajangan-pajangan dinding ruang kerjamu sedemikian rupa sehingga bisa membunuh dan mengusir rasa bosan kalian.

Bahkan bila perlu setting ulang peralatan kerjamu,seperti komputer atau laptopmu, setting ulang kontras warnanya,juga tampilan windowsnya,ubah gambar wallpapernya dengan foto atau gambar favoritmu,asal jangan pasang wallpaper foto kenangan bersama mantan ya...,bukannya jadi lebih bersemangat,malah jadi tambah penat,heheheuu...

Intinya ciptakan suasana baru untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh.

6.Susun dan buat lagi rencana kerja baru

Jika menurut kamu ada yang salah dengan cara kerja dan rencana kerjamu selama ini,sehingga blog yang kamu kelola tidak kunjung menghasilkan,maka kamu perlu membuat atau mengatur ulang rencana kerja kamu tadi.

Bila perlu buatlah semacam jurnal atau catatan dan tuliskan apa saja yang perlu di rubah dan di benahi,sertakan juga target dan tujuan serta peta pemikiran (mind map) kamu yang baru.

Berikan tanda ceck list ketika kamu berhasil melakukannya,bahkan agar tidak terkesan monoton dan membosankan,sesekali berikan reward juga buat dirimu sendiri ketika kamu berhasil menyelesaikan atau memperbaiki masalah yang ada pada blog mu tadi.

Reward itu bentuknya bisa bermacam-macam,dari hal yang sederhana misalnya memberi catatan atau komentar bisa berupa pujian,sanjungan,untuk dirimu sendiri saat berhasil melakukan sesuatu,atau pergi hangout,ngopi sendirian dan hargai dirimu seperti yang kamu inginkan dari orang lain.

Kesimpulan

Menjadi seorang blogger sukses dengan penghasilan puluhan atau ratusan juta per bulan, adalah impian semua orang termasuk aku. Bisa makan dan hidup mapan dari ngeblog juga pasti menjadi dambaan jutaan bahkan milyaran orang di dunia ini.

Tetapi...seperti yang aku sampaikan di atas, saat kita memilih jalan untuk menjadi seorang blogger namun sama sekali tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup tentang dunia blogging,maka kita harus siapkan mental yang kuat dan pola pikir,serta cara pandang yang tepat,tujuannya tentu agar tidak mudah bosan apalagi kecewa saat apa yang sudah kita kerjakan hasilnya tidak sesuai harapan.

Karena tanpa pengetahuan,pengalaman dan peralatan yang memadai,ngeblog hanya akan menjadi rutinitas yang membosankan.Tidak ada hasil yang di capai,banyak kendala,banyak kesulitan dan pastinya melelahkan.

Aku sering berada di situasi itu,dimana aku merasa bosan, lebih tepatnya lelah,tidak ada semangat lagi untuk ngeblog,bahkan hampir putus asa,ingin berhenti dan menyerah saja.Semua itu bisa muncul karena hasil yang kita dapatkan tidak sesuai dengan usaha kita,sementara kebutuhan hidup terus berjalan dan menjadi tuntutan untuk mempercepat langkah dan usaha.Hingga akhirnya sadar,bahwa ngeblog tidak bisa di lakukan dengan tergesa-gesa,butuh proses yang panjang,bahkan seringkali rumit dan melelahkan.

Tapi aku selalu ingat pada tujuan awalku,pada komitmen dan alasanku mengapa aku ngeblog.Sehingga apapun kendala dan kesulitan yang aku hadapi,aku harus segera bisa mengatasi.Dengan menerapkan ke 6 tips dan cara mengatasi rasa bosan ngeblog,seperti yang aku tulis diatas.

Jika kalian juga mengalami hal yang sama,silahkan kalian coba tips-tips tersebut,atau barangkali kalian punya cara atau tips sendiri bagaimana cara mengatasi rasa bosan ngeblog versi kalian,jangan segan-segan untuk membagikannya di kolom komentar ya...,karena dengan berbagi,tanpa sadar kita juga sedang membuka pintu rejeki.

Bagaimana sobat blogger? Masih semangat kan ngeblognya....???


0 Komentar