5 Alasan Mengapa menulis di Blog?

mengapa menulis di blog




Menulis di blog atau populer di kenal dengan istilah Ngeblog adalah aktifitas menulis secara online atau digital yang di lakukan di sebuah media bernama web log (blog) atau situs web,baik itu blog dengan platform blogger,wordpres ,tumblr,medium,joomla,wattpad maupun platform web log lainnya.

Sebenarnya ngeblog ini memiliki cakupan yang luas ya,artinya,tidak terpaku pada aktifitas menulis saja,tetapi semua pekerjaan atau aktifitas yang dilakukan untuk mengelola sebuah blog juga bisa di sebut ngeblog.

Namun dalam kaitannya dengan pekerjaan,hobi dan keahlian menulis,pada tulisanku kali ini,aku ingin membahas tentang tujuan dan alasan seorang penulis atau seorang yang hobi menulis mengapa harus ngeblog atau menulis di blog.

Setiap penulis atau orang yang hobi dan memiliki keahlian menulis pasti punya alasan tersendiri mengapa mereka memilih menulis pada jenis media tertentu untuk menyalurkan hobi dan keahlian menulisnya tersebut. 

Ada yang memilih menjadi penulis buku atau cerpen,ada yang memilih menjadi penulis bayangan (ghost writer) di berbagai media massa atau media online, ada juga yang memilih menjadi content writer atau copywriter yang menulis di beberapa website bisnis online,ada juga yang memilih menjadi seorang blogger yang menulis di blog pribadinya dengan berbagai alasan dan tujuan.


5 Alasan Mengapa menulis di Blog?

Begitu juga dengan aku,ada banyak hal yang menjadi inspirasi dan motivasi ku mengapa akhirnya aku memilih fokus membangun beberapa situs blog sebagai tempat menyalurkan hobi menulisku di berbagai platform menulis digital tersebut.

Ada sedikit cerita yang ingin aku bagikan terkait berbagai alasanku mengapa akhirnya aku berkeinginan untuk menulis di blog.

Sebenarnya keinginanku untuk menulis di blog sudah ada sejak lama,kapan tepatnya aku juga sudah agak lupa. Yang jelas pada waktu itu aku sedang senang-senangnya menekuni hobi baru ku, yaitu hobi memasak,mencoba aneka resep kue atau resep menu masakan sederhana untuk bekal sekolah anak-anak atau suami saat bekerja.

Aku yang aslinya tomboy dan sama sekali belum punya ketertarikan di dunia centong dan kuali,entah kenapa setelah berumah tangga dan punya anak,aku jadi penasaran dan ingin mencari tahu aneka resep kue dan masakan melalui internet. 

Berawal dari  situlah,akhirnya aku rajin berselancar di internet,mengunjungi situs-situs atau blog tentang resep kue dan masakan.

Disitu lah aku bertemu dengan emak-emak blogger yang selain jago masak atau bikin kue mereka juga menekuni usaha kuliner yang ternyata seru dan menyenangkan. 

Hal itu bisa terlihat dari setiap postingan artikel di blog mereka yang sering aku kunjungi.

Tak hanya memposting artikel tentang resep kue dan masakan sajamereka juga kerap berbagi tips dan trik seputar kuliner,bahkan ada yang jualan dan menerima pesanan aneka macam kue, berjualan buku-buku resep masakan,dan alat serta bahan-bahan kue melalui blog yang mereka kelola tersebut. 

Kadang juga diselingi dengan postingan artikel cerita keseharian mereka sebagai seorang ibu rumah tangga,dengan gaya bahasa serta tampilan blog  jadul yang khas pada zaman itu. 

Aku masih ingat betul waktu itu,rasanya seru banget berselancar di internet sambil blog walking ke blognya para perempuan food blogger tadi,hingga kadang sampe lupa waktu dan lupa diri xixixiii...,apalagi  jujur saja,saat itu aku baru pertama kalinya mengenal dunia maya, masih seneng-senengnya bermain di internet.

Dari pengalaman dan kisah di atas itu lah akhirnya muncul keinginan untuk mengikuti jejak mereka,yaitu ingin membuat sebuah blog lalu menulis berbaga pengalaman sepanjang perjalanan hdupku di blog tersebut,atau dengan kata lain menjadi seorang blogger seperti mereka.

Selain dari cerita di atas,aku juga punya beberapa alasan dan tujuan mengapa aku ingin dan harus membuat sebuah blog dan menulis di blog. Beberapa alasan dan tujuan itu antara lain:


1.Ngeblog untuk berbagi informasi dan pengalaman lewat tulisan

Selain untuk menyalurkan hobi menulisku, aku juga ingin bisa berbagi informasi,pengetahuan dan pengalaman dengan orang lain (pembaca blog) melalui tulisan-tulisan ku di blog tersebut.

Aku ingin membagikan beberapa kisah dan pengalaman hidupku yang (menurutku) unik dan menarik untuk di bagikan melalui tulisan-tulisan ku di blog tersebut. 

Intinya ingin berbagi manfaat seperti yang sudah dilakukan emak-emak blogger yang aku ceritakan di atas.

Saat itu aku berpikir betapa bangganya para perempuan blogger sekaligus bakul kue ini dengan keahlian,kemampuan serta pengalaman yang mereka miliki. 

Sudah jago masak, jago ngeblog pulak,sukses jadi ibu rumah tangga,sukses berjualan kue,sukses jadi blogger juga. Hmmm...salut dah pokoknya.

Aku juga membayangkan...betapa bangga dan bahagianya jika suatu hari nanti aku bisa seperti mereka yang bisa berbagi informasi dan pengalaman lewat tulisan.

Jika kalian kebetulan punya hobi menulis dan memiliki segudang pengalaman atau keahlian di bidang tertentu,tidak salahnya untuk membuat sebuah blog dan menuliskan pengalaman atau kisah unik sepanjang perjalanan hidup kalian pada blog tersebut. 

Siapa tahu dari tulisan-tulisan kalian itu banyak orang yang mendapatkan banyak manfaat,mendapatkan informasi,ilmu pengetahuan dan pengalaman baru,pendek kata mendapatkan inspirasi dan motivasi dari tulisan-tulisan kalian tadi.


2.Ngeblog sebagai media untuk belajar

Setelah mendapatkan pencerahan dan pengetahuan dari pengelaman para perempuan blogger tadi,...,aku tidak puas hanya berdecak kagum dengan apa yang berhasil mereka raih.

Pelan-pelan aku mulai belajar mengikuti jejak mereka. Ikut-ikutan? Hmmm...gak masalah kalau ada yang menganggapku seperti itu,karena aku memang tipe orang yang mudah penasaran dan selalu ingin mencoba sesuatu yang menurutku masih baru.

Aku selalu ingin belajar tentang hal-hal yang aku belum tahu agar menjadi tahu. Aku ingin belajar melakukan apa yang tidak bisa aku lakukan agar aku bisa melakukannya.

Termasuk dunia blogging dan kulinerini adalah dua hal yang baru bagiku. Oleh karena itu,akhirnya aku memutuskan untuk membuat sebuah blog agar selain bisa berbagi ilmu dan pengalaman,aku juga aku bisa mempelajari semua hal tentang dunia blogging yang bagiku masih sangat asing.

Apalagi kebetulan aku juga hobi menulis, membuat niatku untuk membuat sebuah blog semakin kuat.Meskipun dalam perjalanannya sering mengalami banyak kendala.

Terutama karena ketidak tahuan ku tentang dunia blogging sehingga seringkali aku mudah bosan, dan kehilangan konsistensi ku dalam mengelola blog tersebut, gak jarang akhirnya sering ingin berhenti dan menyerah.

Tetapi rasa bosan itu tidak berlangsung lama,setelah aku ingat tujuan dan alasan ku menulis di blog,disitulah biasanya aku mulai kembali bersemangat untuk berusaha melewati semua tantangan rasa bosan ini dengan berusaha belajar lebih keras dan lebih banyak lagi tentang dunia blogging.

Aku rela menghabiskan waktu berjam-jam,bahkan rela begadang sampai pagi di depan laptop untuk menulis artikel di blog sekaligus belajar banyak hal yang aku belum tahu tentang blogginseperti yang aku sampaikan di atas.

Seperti kita ketahui bahwa ngeblog bukanlah pekerjaan yang mudah bagi orang yang sama sekali tidak punya pengalaman dan pengetahuan tentang blogging seperti aku ini.

Tetapi...karena aku punya tujuan yang jelas mengapa harus menulis di blog? Maka semua kendala dan kesulitan yang aku hadapi saat mulai mengelola sebuah blog justru menjadi sebuah tantangan yang harus aku perjuangkan.

Bagaimana caranya? Tentunya dengan cara harus lebih keras lagi belajar dan mempelajari semua hal tentang blogging,seperti:

  • belajar bagaimana menulis artikel SEO yang baik dan benar
  • belajar bahasa pemrograman (coding) agar bisa utak-atik tema atau template blog,
  • belajar tentang bagaimana cara memonetisasi Blog,
  • belajar tentang tehnik-tehnik SEO on page dan SEO off page agar Blog yang kita kelola bisa mendapatkan traffick dan ranking di halaman mesin pencari Google (Google Search Engine).
  • Termasuk juga belajar melatih kesabaran dan ketekunan mengelola blog.

Karena keterbatasan waktu dan finansial,semua hal di atas aku pelajari secara otodidak dengan cara rajin-rajin melakukan blog walking yaitu mengunjungi blog lain .Tujuan blogwalking adalah untuk membangun koneksi dengan blogger lain,selain itu juga untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi dari blog lain  yang sudah lebih dulu sukses.,dan yang lebih penting lagi adalah untuk mendapatkan ilmu tentang blogging dari para blogger yang lebih berpengalaman melalui blog mereka.

Selain itu,belajar tentang blogging secara gratis dan otodidak juga bisa dilakukan dengan menonton video tutorial blogging di channel youtube.

Atau bisa juga di lakukan dengan cara bergabung di grup-grup para blogger,di situ kita bisa sharing (berbagi) pengalaman dan pertanyaan seputar blogging,lumayan kan dapat ilmu yang bermanfaat dengan gratis.

Tetapi jika kalian punya sedikit dana lebih tidak ada salahnya jika kalian investasikan untuk  mengikuti kursus-kursus blogging online, atau kursus-kursus tehnik SEO berbayar,biar lebih mantap dan lebih terarah belajarnya.

Intinya...dengan ngeblog kita bisa mendapatkan banyak pelajaran dan  pengalaman baru, terutama buat kita yang ingin sukses sebagai blogger tetapi masih minim dalam pengalaman dan pengetahuan atau masih pemula dan belum tahu apa-apa tentang dunia blogging.


3.Ngeblog untuk melatih kesabaran dan ketekunan

Ya...secara tidak langsung,ternyata ngeblog itu juga mengajarkan kita tentang keuletan,ketekunan dan kesabaran lho 

Tentu saja jika kalian punya tujuan yang jelas mengapa harus menulis di Blog.Artinya, kalau tujuannya cuma untuk iseng atau sekedar menyalurkan hobi menulis dan tulisan tersebut hanya untuk di baca sendiri saja tentu ketekunan dan ke konsisten an itu tidak terlalu penting.

Kalian bisa saja menyerah kapanpun kalian merasa bosan,kalian juga tidak butuh lagi kesabaran untuk menunggu hasil yang di peroleh dari ngeblog,bahkan juga tidak perlu capek-capek mengoptimasi blog dengan segala kesulitan dan kerumitannya.

Jadi,ketika kalian punya sebuah tujuan mengapa menulis di blog? Distulah kalian akan berusaha dengan keras dan penuh kesabaran serta ketekunan hingga tujuan tersebut bisa kalian raih.

Seperti yang aku alami,aku mulai membuat dan menulis di blog sekitar tahun 10 tahun lalu,berkali-kali bikin blog lalu aku hapus lalu bikin lagi,kadang juga menyerah dan berhenti di tengah jalan,itu semua karena aku kurang sabar dan kurang telaten.

Karena saat itu aku juga belum punya tujuan dan alasan yang jelas.mau apa dan mau dibuat seperti apa masih belum jelas.

Tetapi 2 tahun belakangan ini aku kembali membuat sebuah blog dan menulis di sana,karena aku merasa gairah dan semangatku untuk menulis masih terus menyala.

Meskipun saat ini sudah berjalan hampir 2 tahun aku mengelola blog ini dan belum berhasil di monetisasi,aku masih belum ingin menyerah sebelum tujuan dan impianku atas blog yang aku kelola ini tercapai.

Karena aku sadar,semua butuh proses untuk mencapai tujuan tersebut. Dan untuk bisa melewati semua proses itu,dibutuhkan kesebaran,keuletan serta ketekunan.


4.Ngeblog untuk mendapatkan uang atau pasif income dari rumah 

Semenjak aku gagal mengelola usaha peninggalan Almarhum suami,hingga akhirnya mengalami kebangkrutan,hidup kami mengalami banyak perubahan,terutama dalam hal status sosial dan ekonomi.Kondisi kami semakin hari semakin terpuruk, kami (aku dan buah hatiku) benar-benar  berada di titik nol.

Semua harta atau aset pribadi maupun aset usaha ku habis terjual untuk menutupi hutang-piutang usaha yang menjadi faktor utama penyebab jatuhnya usaha ku tersebut.

Tidak ada satupun harta kami yang tersisa kecuali nyawa dan semangat kami untuk bertahan melewati semua ujian yang harus kami hadapi saat itu. . 

Sejak saat itu,untuk bertahan hidup aku yang berstatus sebagai ibu sekaligus bapak untuk kedua buah hatiku,harus jatuh bangun sendirian,berusaha untuk memulihkan kondisi ekonomi kami.

Berbekal doa dan support dari orang tua dan anak-anak,aku mencoba kembali bangkit dan berusaha mencari peluang bisnis atau usaha tanpa modal.

Di sela-sela kesibukan ku bekerja sebagai buruh paruh waktu, aku pun mencari informasi tentang peluang bisnis online (bisnis digital) tanpa modal, yang bisa aku kerjakan di rumah,yang bisa menghasilkan pasif income maupun aktif income.

Dari sekelumit kisah perjalanan hidupku diatas, aku menemukan sebuah peluang yang sesuai dengan kondisi ku saat itu,yang ingin memulai usaha tetapi tidak punya cukup modal (uang) dan tentu saja bisa dikerjakan di rumah,yaitu dengan menjadi seorang blogger

Menurut informasi yang aku baca dari internet dan menyaksikan berbagai video di situs youtube, Bahwa sebuah blog memiliki peluang sangat besar bagi kita yang ingin menghasilkan pasif income dari rumah.Asalkan kita paham dan tahu caranya.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan uang dari blog atau website,seperti:

  • memasarkan produk-produk afiliasi,
  • menawarkan jasa atau keahlian kita di bidang tertentu atau jual jasa, misalnya jasa menulis,jasa fotografi,jasa membuat website,jasa Event Organizer,jasa penerjemah, dan lain-lain. 
  • menjadi penayang iklan (publisher) dari Google Adsense,atau perusahaan pengiklan lainnya
  • menerima jasa endorsement dan membuat konten review berbagai macam produk atau layanan jasa. 
  • berjualan e-book, produk-produk digital,produk desain kreatif ,dan lain-lain melalui blog yang kita kelola.
  • mengikuti lomba blog

Melihat peluang seperti di atas,akhirnya aku pun memutuskan untuk mencoba beberapa peluang tersebut. Karena pepatah bijak mengatakan peluang dan kesempatan itu seringkali tidak datang untuk kedua kali.

Bermodal niat dan tujuan untuk memperbaiki kondisi ekonomi yang semakin terpuruk tadi,serta memanfaatkan hobi menulis ku,aku pun mulai membuat sebuah blog.

Waktu itu aku membuat blog dengan platform blogger hanya menggunakan hape (smartphone) sederhana berspecifikasi rendah,yang merupakan satu-satu nya gadget yang aku miliki waktu itu.    

Meskipun hingga saat tulisan ini aku publikasikan,aku masih belum bisa menghasilkan uang (cuan) dari kerja keras ku selama ini sebagai penulis di blog,namun...aku sama sekali belum ingin menyerah.

Banyak cerita pahit tentang perjuangan seorang blogger yang tidak mudah untuk memonetisasi blognya tidak membuat ku menyerah begitu saja.

Dan tidak sedikit pula cerita manis para blogger yang berhasil menjadi seorang jutawan atau milyader dari ketekunan dan kesabarannya mengelola sebuah blog,aku jadikan motivasi dan inspirasi untuk terus berusaha dan belajar memperdalam kemampuan ku mengelola blog dari nol hingga nanti (semoga saja) sukses menghasilkan cuan.

Sekali lagi aku tahu,ini bukanlah sesuatu yang mudah bagiku,yang masih minim pengalaman dan pengetahuan tentang dunia blogging.

Tetapi justru dengan semua kekurangan itulah aku termotivasi untuk terus berusaha belajar dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya dari pekerjaan ku ngeblog ini.Agar aku juga bisa menghasilkan pasif income dari rumah melalui sebuah blog.

Prinsipku...berusaha dan berdoa adalah kewajiban kita sebagai umat Nya.Soal hasil aku percayakan semuanya kepada Tuhan yang Maha Kuasa.


5.Ngeblog sebagai media untuk membuat portofolio keahlian kita di bidang tertentu

Menulis,sudah terbukti menjadi salah satu hobi atau keahlian yang bisa menghasilkan uang. Banyak sekali profesi penulis yang terbukti mampu menghasilkan bayaran cukup menggiyurkan dari skill menulisnya tadi. 

Baik itu seorang penulis buku,content writer,ghost writer, copywriter  maupun seorang blogger yang. 

Seorang yang berprofesi sebagai penulis,membutuhkan media atau platform yang berfungsi sebagai portofolio atau pertepel untuk memperlihatkan keahlian mereka.

Portofolio itu semacam etalase yang fungsinya untuk memajang semua hasil karya dan keahliannya di bidang tertentu untuk menarik perhatian calon klien yang akan memakai jasa kita nanti.

Nah...disinilah pentingnya mengapa seorang penulis harus membuat sebuah blog atau situs web yang bisa di gunakan sebagai portofolio, bahkan tidak hanya penulis saja,beberapa profesi seperti photografer,desainer,bisnis marketer dan beberapa profesi freelancer pun membutuhkan portofolio untuk menunjukkan kompetensinya di bidang pekerjaannya tersebut.

Dengan begitu,calon klien yang akan menggunakan jasa kita nanti bisa menilai seberapa kompeten kita di bidang tersebut dengan melihat portofolio karya-karya kita yang ada di dalam situs web atau blog kita tadi.

Melalui blog ini,selain ingin menyalurkan hobiku menulis,aku juga ingin menjadikan blog ini sebagai portofolio ku di bidang menulis dan desain kreatif.Hampir sebgian besar gambar atau konten visual di blog ini adalah hasil karya atau hasil desain ku sendiri.

Inilah salah satu alasan mengapa aku dan juga kalian harus membuat blog dan menulis di blog. Karena selain ke empat alasan di atas,blog juga bisa berfungsi sebagai portofolio untuk menunjukkan keahlian kita di suatu bidang pekerjaan atau profesi tertentu. 


Website Instan



Penutup

Mungkin masih banyak lagi alasan,manfaat serta keuntungan mengapa kita harus menulis di blog.

Aku juga punya sebuah harapan, dengan menulis di blog aku berharap,blog yang aku bangun dengan susah payah ini kelak bisa menjadi aset dan investasi yang tak ternilai sepanjang hidupku,yang telah memberiku banyak ilmu dan pengalaman khususnya ilmu dan pengalaman di dunia blogging.

Artinya, sukses atau tidaknya blog ini,aku berharap ada manfaat dan pelajaran yang bisa aku dapatkan dari keputusanku untuk memilih fokus menulis di blog.

Semoga suatu hari nanti aku,dan mungkin juga kalian yang membaca tulisanku ini,bisa mengikuti jejak para blogger sukses di luar sana yang telah berhasil meraih tujuannya dan bisa makan serta hidup mapan dari usahanya mengelola sebuah blog.

Meskipun seringkali banyak tantangan dan rintangan yang harus aku hadapi ketika mulai membangun sebuah blog,terutama minimnya support system yang aku miliki,belum lagi banyaknya cibiran atau nyinyiran yang bernada skeptis ketika aku ceritakan semua impian,alasan dan tujuanku ingin menjadi seorang blogger. 

"Ahh...nonsense,tidak semudah itu ","Please... be realistis". Begitulah seringkali ungkapan dan tanggapan yang aku dengan dari mereka.

Tapi aku selalu berpikir positif dan optimis,

Nothings imposible in this world.

Tidak ada yang mustahil di dunia ini,sesuatu yang kadang di luar jangkauan nalar atau logika kita bisa saja terjadi,begitu juga dengan impian dan harapan kita. 

Suatu hari nanti,entah besok,lusa,bulan depan atau tahun depan,asal selalu yakin,berani memulai,dan mau terus bertekun dalam doa,aku atau kalian pasti bisa.

Satu kutipan yang menjadi penyemangat ku,mungkin juga bisa menjadi penyemangat buat kalian yang saat ini sedang berjuang mewujudkan mimpi sebagai seorang blogger atau penulis sukses,


Barang siapa tidak berani, dia tidak bakal menang; itulah semboyanku! Maju! Semua harus dimulai dengan berani! Pemberani-pemberani memenangkan tiga perempat dunia! R.A Kartini


Terima kasih sudah membaca,semoga bermanfaat
 
 Happy Blogging & cheer up Guys!!!





0 Komentar