Ucapan Idul fitri 1443 Hijriyah untuk Orang Tua, Pasangan,dan Teman

Happy Eid Mubarak


Lebaran sebentar lagi tiba, apa saja yang harus dipersiapkan?

Tepat pada tanggal 1 bulan Syawal tahun Hijriah umat Muslim di dunia akan  merayakan Hari Raya Idul Fitri. Di Indonesia,kita sering menyebutnya Lebaran. Dan jauh hari sebelum lebaran tiba, mayoritas umat muslim khususnya umat muslim di Indonesia akan melakukan berbagai persiapan untuk menyambut Lebaran,baik persiapan secara material maupun spiritual.

Dan tanpa terasa kita sudah berada di penghujung Ramadhan,itu artinya gak lama lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya hari kemenangan,yaitu Hari Raya Idul Fitri,hari yang penuh ampunan. Tanpa terkecuali umat muslim di Indonesia.

Persiapan Spiritual

Setelah menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan,menahan haus dan lapar,menahan segala macam amarah dan hawa nafsu keduniawian dengan penuh keikhlasan dan kesabaran,tiba saatnya umat muslim di dunia merayakan hari kemenangan di bulan Syawal yang penuh ampunan,yakni Hari Raya Idul Fitri.

Sesuai dengan namanya Idul Fitri memiliki makna kembali ke Fitrah, yaitu fitrah sebagai manusia yang penuh Alpa,penuh salah dan dosa sehingga kita wajib untuk saling bersilaturhmi,merenahkan diri dan saling memaafkan segala kesalahan dan kekhilafan sesama kita,yakni manusia.

Memaafkan dan mengakui kealpaan ,kekhilafan dan kelalaian adalah sesuatu yang sangat sulit untuk dijalani atau dilakukan,terlebih bagi kita manusia yang seringkali memiliki ego yang tinggi. 

Oleh karena itu,dibutuhkan persiapan spiritual yang benar-benar matang, yaitu dengan mempersiapkan hati atau batiniah yang benar-benar bersih dan suci,melapangkan dada dan membuka pintu maaf yang seluas-luasnya,memberikan perasaan yang benar-benar tulus ikhlas untuk saling mengakui kesalahan dan saling memaafkan,sehingga tercapailah tujuan kita untuk kembali fitrah, sesuai makna dari Idul Fitri yang sesungguhnya.

Persiapan material

Hal-hal yang bersifat spiritual dalam menyambut Lebaran adalah hal yang mutlak untuk dipersiapkan,meskipun begitu tidak ada salahnya juga kita merayakan hari Kemenangan dengan hal-hal yang bersifat material atau fisikal,asalkan tidak berlebihan sehingga terkesan riya'.

Dari segi fisik atau material biasanya jauh- jauh hari umat muslim Indonesia sudah melakukan berbagai macam persiapan. Sesuai tradisi dan budaya masyarakat kita, Lebaran identik dengan semua yang serba baru,baju hingga sepatu atau sandal baru,bahkan desain interior rumah pun ada yang merubahnya serba baru.toples dan pernak pernik bertema nuansa Idul Fitri pun tak ketinggalan menjadi bagian dari persiapan untuk menyambut tamu yang akan datang di Hari Lebaran.

Selain itu biasanya juga menyiapkan daftar menu hidangan Hari Raya,hingga merancang desain dress code kostum keluarga untuk merayakan lebaran bersama keluarga,sanak saudara dan handai taulan.

Menjelang Lebaran,hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah rangkaian kata Ucapan Idul Fitri untuk keluarga,sanak saudara maupun teman.Terutama bagi Anda yang sedang berada di perantauan, tentu jauh dari keluarga membuat Anda terpaksa harus merayakan Lebaran secara virtual.

Saya yakin, di hari yang istimewa tersebut Anda tentu ingin memberikan satu dua patah kata penuh makna sebagai pengganti ritual atau tradisi sungkeman di hari Lebaran,yang merupakan ritual khas Umat Muslim di Indonesia saat merayakan Idul Fitri.


Oleh karena itu,pada artikel Tulisanku kali ini, saya sengaja menulis beberapa untaian kata penuh makna edisi spesial Idul Fitri 2022.


Ucapan Idul Fitri untuk Orang Tua yang Bermakna 

Ibu,Ayah...,aku tahu selama ini,dengan sengaja maupun tanpa sengaja aku juga telah banyak menanamkan rasa kesal dan kecewa di hatimu. Dan hari ini,di hari nan Fitri ini,ijinkan anakmu mengungkapkan berubu penyesalan dan memohon berjuta ampunan dengan tulus dari hatiku "Minal Aidin Wal Faizin,Mohon Maaf Lahir dan Batin untukmu Ayah,Ibu...dariku...anakmu

 

Seandainya ibadah puasa dan semua amal ku tak jua mampu melebur semua salah dan khilafku kepadamu Ayah,Ibu....,aku berharap...Idul Fitri menjadi jalan terakhir untuk mendapatkan ridho dan ampunan mu atas segala kesalahan dan kekhilafanku. Ayah..,Ibu..Terimalah ucapan tulus penuh rindu dari anakmu..."Minal Aidzin Wal Faidzin,Mohon Maaf  Lahir dan Batin

 

Ayah...,Ibu...,dari kalian aku belajar berpuasa,menahan segala nafsu dan belajar bersabar menahan rindu karena jauh darimu,belajar ikhlas memaafkan siapapun yang menyakiti dan mengecewakan aku. Dan kini...di hari yang suci ini, izinkan aku mengucapkan terima kasih atas didikanmu dan meminta maaf atas segala salah dan khilafku kepadamu."Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon maafkan anakmu dengan Lahir dan batinmu

 

Ramadhan adalah waktu terbaik untuk introspeksi diri dan mengingat semua kasih sayang dan cinta Ayah dan Ibu kepadaku, Idul Fitri adalah waktu terbaik untuk menunjukkan baktiku kepadamu, memohon maaf  dan ridhomu, Ayah...Ibu....di hari nan Fitri ini,Maafkan anakmu yang belum bisa membalas semua jerih lelahmu merawat dan mendidik ku,Minal Aidzin Wal Faidzin ku haturkan padamu Ayah dan Ibu.ku.

 

Takbir dan tahmid yang semalam berkumandang,menyisakan rindu di perantauan, kini...fajar telah menjelang,menyambut datangnya hari Kemenangan. Saatnya aku haturkan sujud dan bakti ku meski hanya lewat sebaris kata ucapan,Selamat Hari Raya Idul Fitri untuk ayah dan ibu, Mohon maaf lahir dan batin. Semoga rahmat Allah SWT selalu di limpahkan  untuk kita meski jarak dan waktu memisahkan

 

 
kartu ucapan idul fitri
Desain kartu ucapan IdulFitri untuk orang tua

Itulah tadi beberapa contoh ucapan Idul Fitri untuk orang tua yang memiliki makna mendalam. Yang bisa Anda copy paste dan digunakan sebagai Caption unggahan di berbagai sosial media atau kartu ucapan yang Anda kirimkan bersama bingkisan lebaran untuk orang tua tersayang. 



Contoh Ucapan Idul Fitri Untuk kekasih atau pasangan LDR

Lebaran tahun ini masih harus virtual bersama pasangan?pastinya sedih banget ya...? Tapi...gak perlu berlarut-larut dalam kesedihan,karena di era yang serba canggih ini kita masih bisa kok melakukan ritual sungkeman lebaran bersama pasangan meskipun hanya secara virtual

Dengan beberapa contoh Ucapan Idul Fitri Untuk Pasangan berikut ini, yang sengaja aku tulis khusus untuk edisi lebaran,buat kalian yang saat ini sedang menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR). 

Meskipun saat ini kalian sedang berada jauh dari pasangan dan keluarga,tetapi melalui sebaris rangkaian kata-kata ucapan lebaran berikut ini aku berharap kalian masih bisa merasakan moment Lebaran yang penuh makna bersama kekasih dan keluarga tercinta, 

Meski lebaran ini jarak dan waktu masih terbentang di antara kita,tapi percayalah....ketulusan dan kasih sayangku tak kan pernah berkurang untukmu,teristimewa di hari nan Fitri ini....sebaris kata sederhana hadir sebagai pengganti peluk ciumku untukmu keluarga kecil kita,Minal Aidin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin ,Happy Idul Fitri buat kalian

 

Aku tahu...,sendiri di negeri orang saat lebaran adalah hal yang tidak menyenangkan,tetapi bukankah Ramadhan telah mengajarkan kepada kita tentang kesabaran dan keikhlasan? Aku harap engkau telah mampu ikhlas dan bersabar dengan keadaan ini, tetaplah semangat,dan selalu bahagia di hari nan Fitri ini. Minal Aidin Wal Faidzin,Happy Eid Mubarak buat mu dan keluarga kecil kita

 

Sekian lebaran kita lewati bersama, tetapi tidak untuk tahun ini, sedih dan gelisah adalah hal yang lumrah,namun...di hari nan Fitri ini,serangkai kata yang tak begitu indah ingin ku ungkapkan sebagai  pengobat rindu pengusir gundah,Minal Aidin wal Faidzin untukmu pujaan hati ku.terimalah permohonan maaf dari lahir maupun batin ku,Eid Mubarak

 

Meski jarak dan waktu masih menyisakan rindu yang begitu dalam,tetapi jangan lah membuat kita kehilangan arti dan makna Idul Fitri, aku mohon bukakan lah pintu maaf mu untuk aku yang seringkali tak selalu bisa berada di sampingmu,Minal Aidin Wal Faizin,Mohon Maaf  dari Lahir dan Batin,Happy Eid Mubarak

 

Idul Fitri tanpa hadirmu bagai perih tersayat sembilu,tetapi aku berusaha untuk berhenti meratapinya dan mencoba terus bersyukur bahwa sampai saat ini ikatan di antara kita masih terjaga. Selamat Idul Fitri untukmu yang selalu di hati,Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin

 

desain kartu ucapan idul fitri
contoh desain kartu ucapan Idul Fitri untuk pasangan


Kalian bisa menyalin ucapan Idul Fitri di atas dan menempelkannya pada desain kartu ucapan lebaran kalian,dan mengirimkannya kepada kekasih atau pasangan, sebagai pengganti kehadiran diri di tengah keluarga dan orang-orang tercinta. 

 

Contoh Ucapan Idul Fitri untuk Teman,Sahabat atau Relasi


Kartu ucapan idul fitri
Contoh desainkartu ucapan Idul Fitri untuk teman,sahabat atau relasi


Saat momen Idul Fitri tiba,semua orang tentu sibuk merayakannya bersama dengan keluarga dan sanak saudara. Apalagi yang memiliki keluarga besar,pasti waktu dan kesempatan yang ada akan di pergunakan sebaik-baiknya untuk bersilaturahmi bersama keluarga besar mereka terlebih dahulu.

Sehingga seringkali ada di antara kita yang nyaris tidak memiliki waktu atau kesempatan untuk datang mengunjungi dan bersilaturahmi secara langsung ke rumah para sahabat atau teman dekat mereka satu persatu.

Agar tidak terkesan mengesampingkan hubungan persahabatan atau pertemanan di antara kalian,ada baiknya sebelum Hari Raya usai,kirimkanlah Ucapan Idul Fitri Anda lewat chat wa atau unggahan story Anda di berbagai sosial media.

Berikut ini adalah Contoh Ucapan Idul Fitri untuk teman,sahabat maupun relasi atau rekan kerja yang bisa kalian copy dan paste kan pada kartu ucapan Idul Fitri kalian.


Dalam setiap pertemanan,seringkali tak luput dari kesalahan dan kekhilafan,baik dalam sikap maupun ucapan. Di hari yang Fitri ini,ijinkan saya atas nama pribadi maupun keluarga mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin,Mohon Maaf Lahir dan Batin

 

Idul Fitri adalah satu momen untuk kita semua saling Introspeksi diri dan saling memaafkan.Atas nama kelurga besar....(isi dengan nama keluarga besar Anda) kami mengucapkan Mnal Aidin Wal Faizin,Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga Berkah dan Rahmat Allah SWT di hari nan Fitri ini menyertai kita semua

 

Manusia memang makhluk yang sempurna, namun kita tak luput dari salah dan dosa. Di  hari nan Fitri ini,saatnya kita semakin eratkan tali silaturahmi disertai dengan ucapan tulus dari hati Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Selamat Idul Fitri 1443 Hijiyah dari kami sekeluarga
.

Ramadhan telah berlalu seiring gema takbir yang berkumandang menyambut datangnya Idul Fitri yang penuh kemenangan.Terlintas dalam ingatan tanpa sengaja sering salah dalam tindakan,dan khilaf dalam ucapan,meski tangan tak saling menjabat,namun ijinkan untaian kata berucap Minal Aidin wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin.Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah. Eid Mubarak

 

Riuh suara bedug dan takbir berkumandang bersahut-sahutan,pertanda hari Kemenangan telah tiba. Kini saatnya menyambut Idul Fitri dengan kesucian dan ketulusan hati. Menjalin silaturahmi,dan membuka pinta maaf  atas segala salah dan khilaf  kita selama ini. Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah, Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin

 

Itulah tadi,beberapa contoh Ucapan Idul Fitri 1 syawal 1443 Hijriyah,tahun 2022 Masehi. Anda bisa mengkreasikan beberapa Ucapan Idul Fitri di atas dalam berbagai platform desain,baik dalam bentuk story maupun timeline atau feed di berbagai sosial media seperti contoh beberapa gambar yang sudah saya sisipakan di antara artikel tulisanku ini.




Eid Mubarak
Happy Eid Mubarak

Saya sengaja mempersiapkan beberapa desain template Ucapan Idul Fitri di atas khusus buat Anda yang hobi mengungggah story atau update status di berbagai sosial media. Jika Anda tertarik dan ingin mengeditnya kembali sesuai keinginan,dapatkan link editnya disini

Akhir kata ijinkan saya sebagai admin blog Tulisanku,mengucapkan:

Taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanallahu wa iyyaakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin kullu ‘aamin wa antum bi khair


Terima kasih sudah membaca,semoga bermanfaat. n.. Happy Eid Mubarak.



     


                                                                                   




2 Komentar

  1. Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin, semoga ini menjadi moment terbaik untuk kita semua. Sukses untuk kalian disana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...terima kasih banyak Abang,sudah setia berkunjung,Selamat Merayakan Idul Fitri 1443 H,Bahagia selalu bersama keluarga tercinta di manapun berada

      Hapus