Tentang Tulisanku

Selamat Datang di Blog INI TULISANKU.COM!

thumbnail blog tentang tulisanku
Tentang Tulisanku:Aku ingin menjadikan blog ini,sebagai media atau wadah untuk menuangkan semua karya tulisanku sendiri,bukan tulisan atau karya orang lain,atau tulisan hasil beli artikel dari orang lain,apalagi hasil copas atau salin tempel tulisan orang lain (ilustrasi oleh Yohana Gunarti)

Selamat datang di blog kebanggaanku,INI TULISANKU.COM. Blog ini adalah salah satu dari beberapa blog yang saat ini sedang aku kelola. Blog ini merupakan tempat berbagi informasi dan pengalaman melalui Tulisan.

Ini tulisanku.com adalah kumpulan tulisan-tulisan favoritku,tulisan yang murni hasil karya dan buah pena dari hobiku,ideku,passionku,imajinasiku dan impian-impianku.


Kenapa memilih nama INI TULISANKU.COM

Seperti yang sudah aku sampaikan di atas,Ini Tulisanku.com hadir dari sebuah imajinasi dan inspirasi yang datang lewat berbagai pengalaman sepanjang perjalanan hidupku,sekilas ini nampak sangat klise, dan umum. 

Tetapi inilah kenyataannya,bahwa blog ini hadir berawal dari ide dan gairahku untuk menulis yang begitu kuat.Di saat aku berada di suatu titik,dimana aku merasa tidak bisa melakukan banyak hal dalam hidupku,kecuali menulis. Di saat aku berada di titik nol,bahkan di titik yang sangat minus,tidak ada sesuatu yang bisa membuatku bersemangat menjalani hidup kecuali menulis.

Dari situlah akhirnya terpikirkan untuk kembali membuka blog lama yang sudah terbengkalai (akhirnya aku memutuskan untuk menghapus blog tersebut),lalu terinspirasi untuk membangun kembali sebuah blog dari awal dan memberinya nama initulisanku.com.

Aku ingin menjadikan blog ini,sebagai media atau wadah untuk menuangkan semua karya tulisanku sendiri,bukan tulisan atau karya orang lain,atau tulisan hasil beli artikel dari orang lain,apalagi hasil copas atau salin tempel tulisan orang lain.

Melalui blog ini,aku juga berharap siapapun yang datang dan membaca tulisanku bisa memperoleh manfaat, mendapatkan inspirasi dan motivasi hidup dari sisi yang unik dan berbeda,an ordinary moms,who loves coffee,reading and writing to face her colorfull lifes.

Intinya,semua hal yang aku tulis di sini adalah karya tulisanku,berdasarkan pengalaman,pengetahuan,ide,hobi dan gairah (passion) ku.


Tentang warna tema dan logo/favicon Blog Ini Tulisanku.com

Ketika kalian memutuskan untuk membuat sebuah blog dan berniat untuk mengelolanya dengan serius,kalian pasti sudah memiliki sebuah konsep tentang karakter dan isi blog yang kalian buat itu nantinya akan seperti apa.

Dengan begitu,akan membuat kalian lebih mudah menentukan niche blog,isi artikel,termasuk juga dengan desain logo dan template blog tersebut.

Hal ini penting karena berkaitan dengan personal branding yang ingin kalian bangun melalui blog yang kita buat tadi.

Owh iya,sebelum kita lanjutkan,kita akan bahas apa itu personal branding?Personal branding adalah image atau citra diri yang ingin kita tonjolkan dengan karakteristik atau ciri-ciri tertentu,sehingga memudahkan masyarakat luas mengenal dan mengingat siapa kita. 

Dalam sebuah bisnis,membangun sebuah personal branding adalah hal yang sangat penting. 

Begitu juga ketika aku memutuskan untuk membuat blog INI TULISANKU.COM ini,aku juga sudah memiliki konsep bagaimana dan apa isi dari blog ku tersebut.

Dan ketika kita bicara tentang personal branding,logo memiliki peran yang sangat penting sebagai sebuah simbol (ikon) yang akan diingat oleh masyarakat luas tentang bisnis yang sedang kita bangun.

Logo mencerminkan karakter dari perusahaan atau bisnis yang sedang kita bangun. Termasuk juga pada sebuah blog atau situs web.Logo pada sebuah blog atau situs web biasa di sebut favicon. Yaitu sebuah simbol atau ikon unik dari blog atau situs web kita agar lebih mudah di kenali oleh pengunjung situs kita.

Seperti gambar dibawah ini adalah yang merupakan gambar logo/favicon dari blog initulisanku.com


www.initulisanku.com
Logo/favicon Blog initulisanku.com

Logo/favicon blog inilah yang akan tampil setiap kali kalian mengunjungi situs/blog ini tulisanku.com . Pada gambar berikut,contoh logo/favicon sebuah situs/blog di beri tanda lingkaran merah.

Contoh logo/favicon sebuah situs/blog di beri tanda lingkaran merah

Jadi,paham kan apa yang di maksud dengan favicon dan mengapa itu penting dalam upaya membangun sebuah personal branding?


Apa Makna dan filosofi warna tema blog ini tulisanku.com?

Seperti yang sudah aku sampaikan di atas,bahwa logo/favicon blog harus bisa mencerminkan karakter atau image dari blog itu sendiri.

Tidak seperti tema blog kebanyakan emak-emak atau perempuan blogger yang lain,warna tema dan logo blog ini justru di dominasi warna hitam,putih dan kuning sebagai warna tema dan logo nya,sehingga jangan heran ya gaesss... jika tema blog ini sama sekali tidak menampakkan kesan girly atau motherly..hehe...

Dan memang begitulah imej atau karakter yang ingin aku bangun dari blog ini.

Tak hanya soal imej atau karakteristik semata,tetapi ada cerita dan filosofi di balik pemilihan ketiga warna tersebut sebagai warna tema pada logo favicon blog ini. Bukan karena kebetulan warna hitam,kuning dan putih adalah warna favoritku,tetapi inilah filosofi dan makna di balik pemilihan ketiga warna tersebut,

Arti dan filosofi Warna hitam

Warna hitam memiliki arti netral,kuat,berani tetapi juga anggun. Jadi aku memilih warna hitam lebih dominan karena warna hitam selain merupakan warna favoritku,juga sangat mencerminkan kepribadian ku yang agak tomboy dan pemberani dalam arti selalu berani mengambil resiko dalam setiap keputusan yang aku buat dalam hidupku.

Ya...Blog ini merupakan hasil dari keputusanku yang berani,berani untuk memutuskan fokus menjadi seorang blogger sebagai salah satu usahaku untuk memperbaiki atau merubah nasibku dan kedua buah hatiku,meskipun aku sama sekali tidak atau belum punya skill dan pengalaman yang mumpuni tentang blogging.

Di saat banyak orang mulai skeptis dan pesimis,aku justru berani mengambil keputusan ini,karena aku pikir di usia yang sudah tidak muda lagi,tidak memiliki ijasah yang tinggi serta karir yang cemerlang di dunia kerja,menjadi seorang blogger masih merupakan satu keputusan yang realistis menurutku,untuk membangun aset pasif income maupun aktf income saat ini.

Di tambah lagi,setelah jatuh dalam kebangkrutan sepeninggal Almarhum suami,aku benar-benar berada di titik nol,tidak memiliki modal (uang) yang cukup untuk merintis atau membangun usaha dari nol.Di titik inilah,jujur saja aku benar-benar merasa down dan kehilangan rasa percaya diri untuk bergaul dan bersosialisasi.

Akhirnya dengan pertimbangan itulah aku mencoba mengadu nasib menjadi seorang blogger.Sebuah profesi yang bisa aku kerjakan di rumah,tanpa harus keluar rumah,tidak butuh sosialisasi,bahkan bisa di bilang tidak terlalu butuh banyak modal.

Aku memang bukan seorang wanita karir yang berpendidikan tinggi sekelas sarjana,tapi aku gak peduli apa kata orang tentang keputusan ku ini,tentang mimpiku ini.Aku juga gak takut dengan minim nya kemampuan dan pengalaman yang aku miliki dalam dunia blogging ini,karena aku pikir asal ada tekad dan niat yang kuat,semua itu bisa aku pelajari.

Bahkan aku juga gak peduli dengan keterbatasan peralatan dan support system yang aku punyai saat ini,asal ada PC atau laptop,atau hape yang bisa buat ngetik atau nulis artikel,bisa buat browsing,bagiku ini sudah merupakan modal awal yang bisa aku andalkan untuk menjadi seorang blogger (sukses)

Dengan modal semangat dan tekad untuk terus belajar,serta ketertarikanku di bidang seni dan literasi inilah,aku yakin aku pasti bisa mewujudkan impianku.Bukan bermaksud ambisius atau tidak realistis,apalagi over PeDe,tetapi inilah aku,rasa ingin tahu dan ingin selalu mencoba hal-hal baru sepertinya sudah mendarah daging dalam diriku.Aku tidak akan menyerah pada apapun sebelum aku benar-benar merasa sudah tidak mampu.

Aku punya keyakinan, man jadda wajada. Aku yakin cepat atau lambat Tuhan tidak akan menutup mata buat siapapun yang selalu bertekun dalam doa dan giat berusaha.

Semoga teman-teman yang membaca blog ini,juga berkenan memberikan doa dan dukungan atas cita-cita dan impian tulusku ini. 😇

Lalu apa arti dan filosofi warna putih?

Warna putih memiliki makna suci,bersih,polos,sederhana dan luas. Ini menggambarkan sosok ku yang polos dan sederhana tidak suka neko-neko,tidak suka banyak gaya.

Begitu juga dengan desain tema blog ini,di mana aku memilih latar isi blog dengan warna putih,agar nampak luas dan sederhana,sehingga tidak melelahkan mata pembaca blog ini.

Pemilihan warna putih juga aku maksudkan untuk menetralisir kesan gelap yang ditimbulkan dari warna hitam dan kuning yang sedikit lebih dominan pada tema blog INI TULISANKU.COM

Selain bermakna bersih,polos dan sederhana,warna putih juga memiliki makna tulus dan suci.

Seperti tujuanku membuat blog ini,yang didasari oleh keinginan dan mimpi yang tulus untuk berbagi manfaat buat orang lain,inilah salah satu inspirasi dan motivasiku membuat  blog ini.

Seperti motto atau deskripsi dari blog ini

"Berbagi informasi dan pengalaman lewat TULISAN,artinya,melalui blog ini aku ingin membagikan karya tulisanku tentang berbagai topik bermanfaat seputar Hobi,Tips n trik,Life style,Life Story,Blogging,Motivasi dan Inspirasi juga berbagai topik menarik lainnya

Tentunya sesuai dengan pengetahuan serta pengalaman yang aku tahu atau dari mencari tahu melalui hobi ku membaca buku maupun aktivitas blog walking ku selama ini.

Arti dan filosofi warna kuning

Sedangkan Warna kuning,bermakna cerah dan ceria,menggambarkan sebuah cahaya dan harapanAku berharap,masa depan Blog ini bisa secerah blog atau situs web lain yang sudah lebih dulu meraih sukses

Seperti tujuanku memilih untuk fokus menjadi seorang blogger,tentu aku punya harapan ,aku berharap blog ini bisa mengantarku meraih sukses dan mampu merubah kehidupanku menjadi lebih baik terutama dari segi ekonomi.

Setelah berbagai usaha yang aku jalani selama ini selalu mengalami kegagalan dan jalan buntu,akhirnya aku memutuskan untuk mencoba jalan lain yaitu usaha yang saat ini sedang aku tekuni,mengadu nasib dan peruntungan menjadi seorang blogger.

Apalagi dunia blogging ini masih relate dengan hobi ku,sesuai dengan minat ku,serta passion dan imajinasi ku yang tidak pernah padam ketika sudah bergelut dengan dunia literasi dan seni.


Makna dan filosofi elemen pada logo blog Ini Tulisanku.com

Setelah tadi aku bahas tentang makna dan filosofi warna pada logo/favicon blog initulisanku.com,kini aku akan uraikan apa makna dan filosofi dari masing-masing elemen yang menjadi bagian dari logo/favicon blok kebanggaan ku ini.

Seperti yang aku sampaikan di atas,dunia seni dan desain merupakan salah satu hobi dan minat ku,selain menulis,melukis dan membaca. Menurutku...desain itu selain menyenangkan juga menantang, terutama desain logo.

Sebelum kita mendesain sebuah logo,kita harus memperhatikan elemen warna,bentuk dan jenis font yang kita gunakan dalam desain logo kita tersebut.

Tak hanya itu,kita juga dituntut untuk bisa membuat desain logo yang unik dan berkarakter,dari penggabungan ketiga elemen yang aku sebutkan tadi.

Sehingga personal branding atau imej sebuah perusahaan atau bisnis bisa ditangkap dengan mudah oleh para pelanggan (customer) kita melalui desain logo tersebut.

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com

www.initulisanku.com


Setelah mengalami berbagai proses,hingga sering berganti logo dan latar belakang warna tema,akhirnya aku berharap inilah logo terakhir dan yang paling pas untuk menggambarkan karakter dari blog ini.

www.initulisanku.com


Pada desain logo/favicon blog Ini Tulisanku.com,aku memasukkan beberapa elemen/bentuk sebagai ikon atau simbol khas dan unik dari blog ini.Ada 4 elemen utama dalam logo blog ini,yaitu elemen pensil,elemen buku dan elemen setengah lingkaran yang merupakan ikon matahari terbit (sunset).


www.initulisanku.com


Makna elemen pensil

Elemen pensil disini sengaja aku tonjolkan sebagai elemen utama sekaligus sebagai ikon pada logo blog.

Ikon pensil yang juga menyerupai inisial huruf  (i ) disini bermakna bahwa blog ini, merupakan blog yang berisi tentang beragam informasi penting dan aktual tentang berbagai topik yang bermanfaat yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari seputar gaya hidup,hobi,bisnis,keuangan,kesehtan dan berbagai informasi penting lainnya, seperti yang sudah aku sampaikan di atas,yang aku tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuanku.

Makna elemen buku dengan halaman yang terbuka

Selain elemen atau ikon pensil,aku juga menampilkan ikon halaman buku yang terbuka dan sampul buku warna hitam

Kalian semua pasti sudah tahu bahwa elemen buku dan pensil merupakan simbol yang berhubungan dengan karya tulisan,catatan,aktivitas menulis,intinya elemen ini memiliki kaitan yang erat dengan hal yang mengandung informasi khususnya dalam bentuk tulisan.

Dan blog atau situs web merupakan salah satu blog yang berhubungan erat dengan informasi dan tulisan.

Dengan memasukkan unsur warna putih memiliki makna informasi yang aku sajikan di dalam blog ini memiliki jangkauan yang luas,artinya bisa menjangkau berbagai kalangan,tanpa batasan usia atau kalangan dengan gender,usia atau profesi tertentu.

Dan sampul buku warna hitam memiliki makna dasar atau tujuan yang kuat dan berani dari si penulis mengapa membuat dan mengelola blog ini.

Makna elemen setengah lingkaran berwarna jingga

Selain kedua elemen di atas,aku juga memasukkan elemen setengah lingkaran berwarna jingga sebagai simbol atau ikon matahari terbit (sunset).

Ikon sunset atau matahari terbit ini menggambarkan harapan ku akan masa depan blog ini agar semakin hari semakin cerah secerah sinar mentari pagi.heheuheu...

Penutup

Membangun sebuah Blog seperti membangun sebuah Bisnis. Butuh waktu dan proses yang panjang untuk bisa meraih kesuksesan. Apalagi kesuksesan membangun sebuah blog tidak mungkin bisa di raih dengan instan,tidak bisa di dapatkan dalam waktu satu hari atau satu malam.

Jika kita bicara tentang kesuksesan tidak selalu identik dengan uang atau cuan. Bagi ku...kesuksesan itu adalah ketika kita berhasil membuat bisnis atau usaha kita dikenal dan memberi manfaat bagi orang lain, hingga akhirnya berhasil mendapatkan sebuah kepercayaan dari masyarakat luas.

Sebaik-baiknya orang,adalah orang yang bisa memberi manfaat

Begitu juga dengan blog Ini Tulisanku.com ini,aku sangat ingin menjadikan blog ini sebagai salah satu aset digital ku.Artinya semua produk atau aset digital,baik berupa tulisan,audio maupun visual yang pernah aku hasilkan akan aku dokumentasikan di blog ini. Dengan tujuan agar semua karyaku bisa menjadi inspirasi dan motivasi buat kalian.Seperti harapan dan keinginan ku yang tersirat secara filosofis pada desain tema dan logo dari blog ini.

Tetapi...sebesar apapun impian dan harapanku,semuanya tidak akan pernah bisa terwujud tanpa dukungan kalian yang berkenan untuk selalu setia mengunjungi dan membaca tulisan-tulisanku di blog ini.Kritik dan saran kalian juga sangat berarti untuk perkembangan kualitas blog ini.

Oleh sebab itu,jangan segan atau enggan memberikan sebuah kritik dan saran di kolom komentar yang sudah aku sediakan,disitu kita bisa sama-sama membangun,disitu kita juga bisa saling mendukung.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca sekelumit cerita tentang tulisanku,semoga bermanfaat dan tetap semangat....!








 

0 Komentar