Bagaimana cara mengatasi rasa kesepian?

gambar ilustrasi cara mengatasi rasa kesepian


Merasa kesepian adalah hal yang lumrah dialami oleh siapapun, terutama mereka yang berstatus jomblo (single).Baik itu jomblo karena belum pernah menikah sama sekali atau single karena mengalami perpisahan atau perceraian dengan pasangan.


Apa itu Kesepian?


Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kesepian itu?

Kesepian adalah satu keadaan dimana kamu merasa sendirian,merasa hidupmu sepi,hampa,tak bermakna,tak berwarna,monoton atau biasa-biasa saja. Hidup yang terasa sangat melelahkan dan membosankan. 

Kamu merasa tak ada hari-hari yang menyenangkan,hidup seperti tak bergairah dan tak bersemangat..Rasa kesepian juga bisa saja datang,meskipun kita sedang berada di tengah-tengah keramaian. Itu bisa terjadi karena perasaan yang hampa dan tak bermakna tadi.  

Tak bisa dipungkiri,sebagai seorang single aku juga pernah mengalami keadaan seperti itu. Ada satu waktu di mana aku merasa hidup seolah berjalan biasa-biasa saja dan tak bermakna. Tak ada teman atau seseorang yang bisa kita jadikan tempat untuk berbagi rasa,berbagi cerita.

Bahkan saat sedang ngumpul-ngumpul sama teman atau keluarga pun aku masih saja merasa hampa dan tak bermakna.Seolah tidak ada sesuatu yang bisa membuatku bergairah dan bersemangat dalam menjalani hari-hariku.

Lalu...mengapa itu bisa terjadi?


Mengapa kita merasa kesepian?


seni typography


Seperti yang sudah aku sampaikan di atas,kesepian adalah hal yang wajar,perasaan yang normal di alami oleh siapapun dan kapan pun. 

Menurut pengalaman yang aku rasakan, rasa kesepian itu bisa datang datang tiba-tiba yang kita sendiri kadang tidak tahu apa penyebabnya,tapi kadang juga bisa datang karena ada beberapa hal yang menjadi faktor pemicu atau penyebabnya,diantaranya adalah:


1.Kehilangan seseorang yang berarti dalam hidup kita

Seseorang yang berarti itu bisa dari keluarga kita,pasangan kita bahkan bisa juga teman atau sahabat kita. Seseorang yang selama ini mengisi hari-hari kita,menemani kita melewati perjalanan hidup ini,tempat kita biasa berbagi rasa,berbagi cerita,baik suka maupun duka.

Kehilangan yang aku maksudkan disini kehilangan karena adanya perpisahan ,baik itu berpisah karena salah satu dari kita harus pergi untuk selamanya (meninggal dunia) atau berpisah karena salah satu dari pergi hanya untuk sementara dengan alasan atau sebab tertentu. Misalnya harus berpisah karena urusan pekerjaan,studi atau sekolah atau karena harus pindah domisili dan sebagainya.

Saat seseorang yang berarti dalam hidup kita itu tiba-tiba pergi atau harus berpisah dengan kita, tentu saja hal itu akan membuat suasana hati kita jadi hampa,seperti ada yang kurang dalam hidup kita dengan kata lain kita merasa kesepian.

Kebiasaan-kebiasaan yang selama ini biasa kita lakukan atau lewati bersama mereka,kini tidak bisa kita lakukan lagi karena salah satu dari kita telah pergi dari kehidupan kita.

Seperti yang pernah aku rasakan saat tiba-tiba aku harus kehilangan sosok Almarhumah Ibu dan Almarhum Suamiku untuk selamanya. Ada perasaan hampa dan sepi yang selalu datang menghampiri ketika aku teringat akan kebiasaan-kebiasaan yang sering kami lakukan saat beliau masih ada di dunia ini. Setiap malam mata sulit terpejam karena rasa cemas takut dan khawatir memikirkan tanpa beliau hari esok ku bagaimana,begitupun ketika pagi datang aku di hinggapi kebingungan harus apa dan mulai dari mana.😭

Apalagi dimataku beliau berdua ini, Almarhumah Ibu dan suamiku adalah teman paling nyaman untuk tempat bicara dan bercerita,sosok yang sangat mengerti siapa dan bagaimana aku. 

Itulah sebabnya di saat awal-awal aku kehilangan beliau untuk selamanya,selain perasaan sedih dan duka yang mendalam, aku juga merasa hari-hariku begitu sepi dan hampa,aku merasa ada yang kurang,aku merasa hidupku tak bermakna.

Aku rasa kalian juga pasti akan mengalami hal yang sama seperti yang aku rasakan jika saat ini atau suatu hari nanti tiba-tiba kalian harus berpisah atau kehilangan sosok yang berarti dalam kehidupan kalian.Entah itu Orang tua,pasangan,teman atau sahabat kalian.

Sehingga tak bisa dipungkiri bahwa rasa kehilangan seseorang yang berarti dalam hidup kalian itu bisa menjadi salah satu faktor pemicu atau penyebab munculnya perasaan kesepian di hati dan pikiran kita.

2.Karena tidak punya teman yang se frekuensi

Pernah gak kalian merasa kesepian padahal kalian sedang berada di keramaian? Misalnya saat lagi nongkrong atau hangout bareng teman-teman, kalian masih saja merasa ada yang kurang,merasa hampa bahkan merasa kesepian.

Ya...itu semua bisa saja terjadi karena teman atau orang-orang yang ada di sekeling kalian itu bukan teman yang se frekuensi dengan kalian.

Dalam menjalani sebuah hubungan,baik itu hubungan persaudaraan,pernikahan maupun pertemanan kita butuh sosok yang bisa membuat kita merasa nyaman menjalani hubungan tadi.Ketika kita merasa nyaman maka hubungan tersebut akan terasa lebih seru,lebih indah dan bermakna. 

Sebaliknya,ketika kalian menjalani hubungan dengan seseorang atau beberapa orang yang tidak sejalan,tidak se frekuensi,dan tidak se pemikiran,maka disitulah akan timbul masalah di antara kalian, seperti akan timbul perasaan hampa dan tak bermakna dalam hati dan pikiran kalian,dengan kata lain kalian masih saja merasa kesepian.

Banyaknya teman dan suasana yang ramai di sekeliling kita,seringkali tidak menjamin kita untuk tidak mungkin merasa kesepian. Kemungkinan kalian merasa hampa dan kesepian itu bisa saja terjadi karena faktor ketidaknyamanan tadi.

Teman atau pasangan yang tidak nyambung ketika di ajak bicara tentang ide,gagasan,impian dan masalah kita, atau teman yang tidak memahami bagaimana sifat-sifat atau karakter kita juga menjadi salah satu faktor pemicu munculnya rasa kesepian.

Aku sering mengalami hal seperti itu,dimana ketika aku ngumpul atau hangout bareng teman-temanku,aku malah merasa tidak menemukan sesuatu yang bermakna dari apa yang aku lakukan tadi. Berada di antara mereka tapi gak tahu harus ngobrol tentang apa, atau harus bagaimana adalah sesuatu yang sia-sia menurutku. Bahkan yang seringkali terjadi adalah ketika kita lagi hangout atau ngumpul malah pada asik dengan hapenya masing-masing,asik photo selfie sendiri-sendiri. Nah...situasi seperti ini lah yang rasanya malah membuat kita jadi merasa gak nyaman,gak happy dan sama sekali gak ada kesan yang bermakna

Sehingga terkadang aku lebih nyaman berada di rumah atau di kamar sendirian dan melakukan hal-hal yang aku sukai. Dengan begini aku malah merasa dunia ku lebih indah,lebih seru dan berwarna. Dan anehnya lagi aku malah bisa betah sendirian dan gak merasa kesepian.


3. Terjebak oleh aktifitas atau kesibukan yang melelahkan

Beberapa orang memilih menyibukkan diri atau mencari kesibukan agar mereka tidak merasa bosan dan kesepian. Hal itu memang ada benarnya,dengan melakukan banyak kesibukan atau pekerjaan tentu kita berharap tidak ada waktu kosong yang membuat kita merasa hampa dan kesepian.

Tetapi perlu diingat juga bahwa tidak semua jenis kesibukan itu mampu membuat kita bisa terhindar dari rasa kesepian,apalagi jika kesibukan yang kita lakukan itu adalah kesibukan yang dipaksakan tentu hanya akan menghasilkan rasa lelah dan bosan.

Sering kita mendengar atau melihat, kalangan artis-artis atau publik figure dan kaum milenial yang merasa hidupnya hampa,tak bermakna hingga mengaku merasa kesepian,bahkan ada yang sampai mengalami depresi lalu memilih bunuh diri atau mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Mengapa itu bisa terjadi pada mereka?bukankah mereka itu orang-orang yang super sibuk bahkan bisa dibilang seorang pekerja keras? 

Salah satu penyebabnya adalah karena mereka secara tidak sadar telah terjebak oleh kesibukan atau pekerjaan yang melelahkan,rutinitas yang membosankan,yaitu kesibukan atau pekerjaan yang di paksakan karena terobsesi pada tujuan tertentu. Bukan kesibukan atau pekerjaan yang menyenangkan yang membuat mereka sangat suka dan bersemangat ketika mengerjakannya.

Kesibukan atau pekerjaan yang dipaksakan biasanya adalah pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat atau kesukaan dan passion mereka,namun karena tuntutan sesuatu,akhirnya mereka melakukannya dengan penuh keterpaksaan.

Mungkin saat ini kamu berstatus sebagai pengangguran yang belum mendapatkan pekerjaan,sehingga mau tidak mau kamu harus mencari pekerjaan. Karena sudah dikejar oleh kebutuhan,akhirnya kamu akan menerima tawaran pekerjaan "apa saja yang penting halal" , suka tidak suka,mau tidak mau kamu harus menerima pekerjaan itu. Tetapi seiring berjalannya waktu,tanpa kamu sadari akhirnya kamu akan merasa bahwa apa yang kamu lakukan sangat melelahkan dan membosankan. 

Kamu mulai terjebak dalam rutinitas yang membosankan,yang membuat hidupmu terasa biasa-biasa saja atau monoton, Dari sini lah akhirnya muncul rasa kesepian.


4.Karena berstatus lajang atau jomblo

Berstatus lajang atau jomblo atau single atau apapun sebutannya,akan membuat  kalian lebih mudah dihinggapi rasa kesepian.Seperti yang aku sampaikan pada paragraf awal tulisan ini,bahwa seorang yang berstatus jomblo atau single lebih sering merasa galau dan kesepian ditambah lagi tidak adanya sosok teman atau sahabat dalam hidup mereka yang bisa di jadikan tempat untuk berbagi rasa dan berbagi cerita.

Entah mitos atau fakta, yang jelas status jomblo atau single tadi seringkali di identikkan dengan rasa kesepian,artinya faktor kesendirian ini lah yang seringkali di anggap menjadi pemicu munculnya rasa kesepian. 

Contohnya begini ketika aku bertemu dengan teman atau saudara yang lama tidak ketemu, pertanyaan yang sering mereka ajukan adalah "Mbak...kenapa kok masih sendiri? Apa gak kesepian? Apa gak pengen punya pasangan lagi?" 

Pertanyaan seperti itu kerap aku terima karena seperti yang aku katakan di atas bahwa berstatus single atau lajang selalu di identikkan dengan rasa kesepian, karena ya itu tadi mereka melihat banyak fakta di sekeliling mereka bahwa seseorang yang berstatus jomblo atau single itu sendiri sering mengeluh dan merasa kesepian..

Lantas...bagaimana caranya agar kita tidak merasa kesepian? Dan adakah cara yang ampuh atau manjur untuk mengusir rasa kesepian itu?


Bagaimana cara mengatasi atau menghindari rasa kesepian?

Tidak ada masalah yang tidak ada solusinya.semua masalah dalam hidup ini pasti ada jalan keluar dan cara mengatasinya,termasuk rasa kesepian yang kerap kita alami. Tapi tentu kita harus mencari tahu dulu apa penyebabnya,

1.Sibukkan diri dengan pekerjaan (yang menyenangkan)

Bekerja yang dimaksud disini tidak terbatas pada kegiatan atau kesibukan yang bisa menghasilkan uang saja. Tetapi kesibukan atau aktifitas yang kita lakukan untuk memanfaatkan atau menggunakan waktu kita dengan berbagai kegiatan di luar waktu atau jam istirahat.

Dengan bekerja,tentu akan membuat kelangsungan hidup kita berjalan normal,atau semestinya sesuai kebutuhan dan kewajiban kita sebagai makhluk hidup.Baik itu bekerja diluar rumah untuk mencari nafkah maupun di dalam rumah untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah.

Tetapi dengan catatan pekerjaan yang kita lakukan adalah pekerjaan yang membuat kita suka dan bersemangat untuk mengerjakannya,tidak merasa terpaksa atau di paksa Sehingga meskipun melelahkan tapi terasa menyenangkan bukan malah membosankan. Yaitu pekerjaan atau kesibukan yang sesuai dengan minat dan passion (gairah) kita.

Hal ini tentu erat hubungannya dengan masalah kesepian yang sedang kita bahas dalam tulisan ini ,dimana saat kita bekerja dan melakukan berbagai aktifitas, saat itu juga lah hampir seluruh bagian dari tubuh kita terus bergerak,termasuk hati dan pikiran kita.Apalagi jika pekerjaan itu adalah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan passion kita,tentu akan sangat menyenangkan. Dengan situasi dan kondisi yang menyenangkan tadi,maka bisa di pastikan juga akan membuat suasana hati kita merasa bahagia,dengan kata lain kita merasa enjoy dan happy dalam menjalani hidup ini.

Sehingga hampir tidak ada tempat atau ruang kosong yang membuat kita merasa hidup ini hampa dan tak bermakna,yang menyebabkan munculnya rasa kesepian tadi.

Intinya...lakukan sesuatu yang ingin kamu lakukan, kerjakan apa yang kamu sukai,yang bisa membakar gairah dan semangatmu,bukan melakukan sesuatu dengan keterpaksaan yang hanya membuat kamu semakin lelah,bosan atau jenuh. Dari rasa lelah dan bosan itulah maka kamu merasa hidupmu hampa dan kesepian.

Baca juga :Mengapa Kita Mudah Merasa Bosan?


2.Lakukan hobi dan kesenangan

Hampir semua manusia pasti juga mempunyai hobi atau kesenangan tertentu.Hobi adalah minat atau kesukaan yang dilakukan di waktu senggang sebagai hiburan. Selain itu hobi juga bisa jadi salah satu alternatif kesibukan mengisi kekosongan,mengusir rasa bosan biar kita gak dihinggapi rasa kesepian.

Saat aku merasa bosan,jenuh dengan keadaan atau saat merasa hidupku hampa hingga rasa kesepian datang mendera,disitulah aku mulai melakukan hobi ku. Seperti menulis,melukis,menggambar,atau membuat berbagai macam kerajinan tangan. 

Karena kebetulan aku type orang yang lebih suka menyendiri dan melakukan aktifitas didalam rumah,daripada berada di luar rumah atau berada di keramaian. Akhirnya aku memilih menulis atau melukis untuk mengusir rasa hampa dan kesepian ku tadi.

Dengan mengerjakan hobi-hobiku tadi aku merasa suasana hatiku yang tadinya memburuk,menjadi sedikit lebih baik,bahkan sangat lebih baik.Selain bisa mengusir rasa hampa dan kesepian,dengan mengerjakan hobi aku juga bisa menghasilkan sesuatu (karya) yang memberi kepuasan tersendiri bagi diriku atau mungkin bisa bermanfaat juga bagi orang lain. 

Seperti blog ini, hampir semua artikel dan gambar-gambar di blog ini,adalah hasil karyaku, yang aku buat karena ingin menyalurkan hobiku,saat aku merasa jenuh dengan keadaan,saat aku di landa rasa kesepian,maka menulis adalah pilihanku untuk mengusir rasa kesepian itu

Baca juga : Mengapa Harus Menulis?Alasan,Tujuan dan Manfaat Menulis 

Daripada aku melampiaskan rasa kesepian ku pada hal-hal yang tidak bermanfaat lebih baik aku salurkan lewat beberapa hobi ku tadi.


be strong


Beberapa di antaranya juga aku jadikan konten yang aku unggah di berbagai akun media sosial ku,tujuannya bukan sekedar untuk having fun saja,tetapi aku juga berharap ini bisa jadi sesuatu yang bisa dikenang atau siapa tau bisa jadi inspirasi buat kalian para jomblowan dan jomblowati yang lagi kesepian,yang kebetulan sedang membaca tulisanku ini, heheheu...:) Atau bahkan bisa menghasilkan uang.




mandala art
"Mandala Girl" ( Mandala art by Yohana Gunarti )

Intinya,karena sifatnya sebagai hiburan,hobi bisa dijadikan sebagai salah satu cara yang ampuh untuk menghilangkan kejenuhan,kebosanan ,mengusir stress dan rasa kesepian.


3. Rubah mindset (pola pikir)

Rasa kesepian bisa juga timbul karena pengaruh dari pola pikir kita sendiri,dengan kata lain,rasa kesepian bisa datang karena sugesti dari pikiran kita sendiri.

Artinya ketika kita berpikir tentang hal-hal negatif dalam diri kita, misalnya ketika kita merasa sendirian,di asingkan,atau di jauhi teman,maka hal-hal atau perasaan seperti itulah yang akhirnya juga mempengaruhi pikiran kita seolah semua itu benar-benar terjadi atau benar-benar kita alami.

Lalu... muncullah rasa khawatir dan cemas yang berlebihan,dan dari situlah mulai muncul rasa kesepian tadi.

Contohnya begini,ketika kamu sengaja menutup diri dengan lingkungan atau pergaulan dengan teman-teman dengan alasan kamu merasa banyak kekurangan,akhirnya kamu berpikir tidak ada yang mau menerima kamu,tidak ada yang peduli sama kamu, kamu merasa minder,malu,merasa sendirian,merasa di jauhi dan terasingkan.

Akibat dari perasaan-perasaan tadi,maka terciptalah berbagai macam sugesti,dan sugesti-sugesti itulah yang membuat kita merasa hampa dan kesepian.

Jadi...kita perlu merubah pola pikir kita agar jauh dari rasa kesepian.Buang jauh-jauh pikiran-pikiran negatif yang menggiring kita kepada perasaan kesepian.

Dari pola pikir yang negatif itulah akhirnya muncul perasaan-perasaan yang negatif juga,seperti merasa hidupmu hampa,merasa hidupmu tak bermakna dan yang pasti akan merasa kesepian juga.

Jika ini masalahnya,maka kamu harus segera melawan pikiran-pikiran negatifmu tadi,dengan merubahnya menjadi pikiran-pikiran yang positif dan realistis. Bagaimana mungkin kamu bisa mendapatkan banyak teman jika kamu sendiri sengaja menutup diri dari orang lain dan selalu berpikir negatif kepada orang lain.

Jika kamu merasa punya banyak kekurangan dan  kamu merasa orang lain tidak bisa menerima kekuranganmu itu,maka kamu harus berusaha juga menunjukkan kepada mereka bahwa kamu juga punya kelebihan.

Gak mungkin donk...kita diciptakan tanpa kelebihan sama sekali. Jika Tuhan memberi kita kekurangan,pasti Dia juga memberi kita kelebihan,begitu juga sebaliknya.

Jika kekurangan yang kamu miliki adalah dari segi fisik atau tampilan luarmu,maka kamu harus pandai-pandai merawat diri supaya bisa tampil menarik. Tampil menarik itu tidak harus cantik atau ganteng,itu semua sifatnya relatif. Tetapi jika kamu selalu tampil bersih dan rapi niscaya orang yang melihatmu pun akan tertarik.

Begitu juga sebaliknya,jika kamu merasa dari segi fisik atau tampilan luarmu sudah good looking ,tapi kamu masih merasa kesulitan untuk bergaul,kamu masih kesulitan untuk mendapatkan teman,maka kamu harus mulai introspeksi diri kamu.Mulai lah mencari kelebihan dalam dirimu dengan cara menggali terus potensi yang ada dalam dirimu.

Selidiki dan ketahui apa minat,bakat dan passion mu sehingga dengan itu kamu bisa menemukan apa kelebihanmu selain kekuranganmu tadi. Misalnya begini,mungkin kamu suka menulis puisi,maka asah terus kemampuanmu itu dan tunjukkan bahwa kamu jago membuat kata-kata yang puitis. Jika kebetulan kamu hobi menggambar maka cobalah untuk konsisten melakukan hobimu itu, cobalah membuat beberapa karya dari hobi dan minatmu tadi,lalu bagikan di akun sosmed kamu atau tunjukkan secara langsung kepada orang-orang di sekelilingmu bahwa kamu punya sebuah karya yang layak untuk di hargai dan di apresiasi.

Begitu juga dengan bakat dan minat di bidang yang lain seperti humor,desain,bakat memasak,membuat kue,photography dan masih banyak lagi bakat-bakat lain dalam diri masing-masing orang yang sebenarnya bisa dijadikan sebagai "senjata" untuk membuat dirimu memiliki value,sehingga bisa menarik perhatian orang lain. Dan dengan sendirinya mereka akan datang kepadamu dan ingin menjadikanmu sebagai teman atau ingin berteman denganmu.

Intinya...apapun bisa kamu lakukan untuk membuat dirimu lebih berarti dan menjadi sosok yang menyenangkan,mengagumkan bahkan mempesona banyak orang. Jangan terlalu fokus pada kekuranganmu,tetapi gali terus kelebihan dan potensi dalam dirimu. 

Kembali pada masalah kesepian tadi,jika kamu selalu berpikir positif dan realistis maka rasa kesepian dan terasingkan tadi pasti bisa kamu atasi.


Gambar ilustrasi "ingin sendiri"
"Leave me alone"(Ilustrasi oleh Yohana Gunarti)


4. Aktif bersilaturahmi,atau bergabung dengan berbagai kegiatan atau komunitas yang kamu sukai,

Keberadaan kita sebagai makhluk sosial di muka bumi ini tidak bisa dipungkiri, bahwa kita juga butuh waktu untuk bergaul atau bersosialisasi dengan makhluk Tuhan (manusia) yang lain.

Terlebih lagi jika saat ini kamu masih berstatus sebagai seorang single atau lajang yang belum terbiasa dan tidak bisa hidup menyendiri. Kamu akan mudah dihinggapi rasa kesepian.

Untuk mengatasi hal itu,kamu harus berusaha untuk pandai bergaul,agar bisa mendapatkan banyak teman.

Ada berbagai cara untuk memperluas pergaulan dan mendapatkan banyak teman,baik secara virtual maupun secara nyata.

Selain cara atau tips no.3 di atas,kamu juga bisa mencoba untuk ikut dalam berbagai macam kegiatan sosial atau bergabung dengan komunitas yang sesuai dengan minat dan kesukaan kamu.

Misalnya,kegiatan touring,travelling, atau self healing,yang bisanya di adakan oleh berbagai komunitas baik komunitas sosial,seperti komunitas pendaki gunung,komunitas pecinta kendaraan bermotor atau otomotif,komunitas pecinta seni,maupun komunitas keagamaan seperti majelis taklim,komunitas muda mudi gereja,dan lain-lain.

Dengan aktif mengikuti kegiatan sosial dan bergabung dengan berbagai komunitas tadi,kamu akan menemukan teman-teman yang se frekuensi,teman-teman yang memiliki minat dan kecintaan yang sama.

Atau...biar lebih menantang kamu bisa juga mencoba bergabung dengan komunitas yang sama sekali baru bagi kamu,tujuannya untuk menemukan teman yang baru dan pengalaman yang baru yang akan membuat duniamu lebih berwarna.

Tetapi,perlu kalian ingat bahwa dalam sebuah pergaulan pasti akan ada kerikil-kerikil kecil,atau kesalah-pahaman antara satu teman dan teman yang lain. Oleh karena itu,kamu juga harus belajar agar pandai membawa diri dan beradaptasi dengan setiap orang yang tergabung dalam komunitas tadi.

Bila perlu,ikutilah berbagai kelas tentang tata cara atau etika pergaulan, agar kamu bisa menjadi sosok yang menyenangkan dan disukai banyak orang,tetapi tetap harus menjadi versi kamu sendiri,dan bukan dengan memaksakan diri untuk jadi "orang lain" agar di sukai oleh banyak orang.

Jangan sampai niat kamu untuk menambah teman dan memperluas pergaulan akhirnya malah mempersempit dunia dan ruang gerakmu, karena tidak bisa menjadi diri kamu sendiri atau memaksa untuk menjadi orang lain.


Penutup

Pada dasarnya rasa atau perasaan kesepian itu merupakan perasaan yang datang dari pikiran atau pola pikir kita sendiri. Atau bisa juga akibat dari rasa lelah,bosan,gabut atau boring yang sebenarnya bisa dihindari dan di atasi.

Perasaan kesepian juga bisa terbentuk karena adanya sugesti yang akhirnya mempengaruhi pikiran bawah sadar kita,yang akhirnya benar-benar membawa kita pada realita yang kita rasakan.

Untuk mengatasi rasa kesepian,dan menghindari perasaan kesepian, kita harus berusaha agar tidak ada ruang yang hampa di dalam hati kita,dan pikiran-pikiran yang negatif dalam diri kita atau waktu yang sengaja dibiarkan kosong dalam hidup kita, kecuali saat kita memang sedang butuh istirahat.

Dengan cara mengalihkan sugesti dari pikiran bawah sadar kita yang negatif dan kosong tadi pada hal-hal yang positif,pada aktifitas yang membuat pikiran dan diri kita sibuk tetapi menyenangkan,bukan melelahkan,

Atau kamu bisa coba terapkan beberapa tips cara mengatasi rasa kesepian di atas,yang aku tulis menurut versiku,dan berdasarkan pengalaman pribadi ku,yang selama hampir 7 tahun terakhir ini menjalani kehidupan sebagai seorang single parent.

Dengan berkarya,khususnya menulis dan berbagi pengalaman semacam ini,selain aku bisa menyalurkan hobi,aku juga bisa mengalihkan sugesti dan pikiranku agar tidak terjebak atau larut dalam rasa kesepian.

Dengan sibuk berkarya terutama menulis,aku merasa hidupku jauh dari kata hampa,aku merasa bebas mengekspresikan diriku seperti yang aku mau,juga merasa tidak egois dengan hanya memikirkan tentang diriku sendiri.

Dalam bukunya yang berjudul Grow Old Gracefully, J.Maurus mengatakan:

Orang-orang yang kesepian biasanya adalah orang-orang yang egois,karena mereka hanya berpusat kepada diri mereka sendiri_J.Maurus-


Sekali waktu cobalah untuk melihat orang-orang yang kurang beruntung dari kita,mereka ada di sekeliling kita.Tidak ada salahnya kita berikan sedikit rasa peduli dan perhatian kita pada mereka,kita lupakan sejenak semua beban kita yang masih belum seberapa di banding beban mereka.

Dengan begitu,hidup kita akan lebih berwarna dan bermakna,tidak monoton atau membosankan. Hingga dengan sendirinya kamu akan lupa apa dan bagaimana rasanya sepi dan kesepian.  

Lewat tulisanku ini...aku pun berharap semoga hal kecil yang aku lakukan ini bermanfaat buat kalian para jomblowan dan jomblowati 😉😎 agar tak perlu lagi merasa galau,gelisah atau takut dengan kesepian, karena sesungguhnya kalian gak sendirian.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengusir dan menghindari kesepian. Seperti yang sudah aku tuliskan dengan panjang lebar di atas.

Percayalah...Tuhan pasti sudah mempersiapkan seseorang yang tepat untuk menjadi teman hidup kalian, teman yang bisa membuatmu nyaman,teman yang bisa menjadi tempat berbagi rasa baik dalam suka maupun duka. 

Jadi...daripada kamu bengong,bingung dan galau menunggu seseorang yang tepat itu datang dalam hidup mu,lebih baik kita pergunakan waktu yang ada untuk terus memperbaiki atau meng upgrade diri,dan melakukan yang terbaik dalam hidup ini.

Tetap semangat dan bersabar ya... buatlah duniamu tetap penuh warna meskipun kamu masih "sendirian".

Terima kasih sudah membaca,semoga bermanfaat.💗😇 







0 Komentar